SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Keany
Terakhir diperbaharui: 21 Oct 2020
Share:
  • Klik untuk salin

Compact House, Rumah Mungil Padat Fungsi Di Tengah Kota

Compact house adalah rumah mungil terpadu yang dibangun di atas lahan terbatas, yang memiliki konsep sama seperti Micro House atau Tiny House. Biasanya rumah ini berukuran kurang dari 100 meter persegi dan luas bangunannya berkisar antara 40 hingga 70 meter persegi.

Rumah kecil yang sering disebut rumah terpadu, memiliki tujuan untuk meminimalisasi penggunaan ruang sesuai kebutuhan penghuni. Menggunakan skala prioritas pada ruang yang dibutuhkan atau tidak. Konsep hunian ini cocok untuk pasangan yang baru menikah atau keluarga kecil. 

Konsep Compact House pada lahan minim

Compact house memang banyak diterapkan di kota – kota besar karena keterbatasan lahan. Tampilan bersih dan kemudahan perawatan yang ditawarkan menjadikan tren compact house semakin digandrungi. Selain itu, gaya hidup kaum urban memicu munculnya berbagai ide kreatif desain arsitektur rumah.  Rumah ini juga kebanyakan dirancang dengan desain interior dan eksterior yang unik.

 

Unsur – Unsur Penting dalam Compact House

1. Mengoptimalkan Keterbatasan Lahan

Penggunaan Mezzaine pada Compact House

Jenis hunian ini umumnya dirancang vertikal dan memprioritaskan ruang-ruang yang dianggap penting bagi penghuni. Memang secara isi, compact house dipenuhi dengan banyak ruangan yang dapat dioptimalisasi dengan konsep sekat atau lantai mezzanine.

Mezzanine adalah bangunan sebagian terbuka atau tidak mencakup seluruh luasan gedung sehingga terdapat ruang yang terbagi antara lantai di bawah dan langit. Adanya mezzanine, merupakan salah satu strategi untuk efisiensi penggunaan lahan di dalam rumah mungil ini.

 

2. Desain Simple

Desain Simple pada Compact House

Setiap ruangan di compact house ini dirancang tanpa membatasi fungsi ataupun mengabaikan aspek estetikanya. Mengatur tata letak ruangan hingga posisi barang juga sangat penting untuk mempermudah Sobat Builders dalam membangun rumah unik ini.

 3. Hindari Penggunaan Attic atau Gudang

Compact  House Tidak Memiliki Gudang

Berbeda dari kebanyakan rumah, desain compact house di Indonesia tidak mengenal gudang di dalamnya. Mengapa demikian? Ini karena keberadaan attic atau gudang dapat mempersempit ruangan di dalamnya. Kegunaan gudang untuk menyimpan barang-barang bekas, kini dapat diganti menjadi ruangan lain yang lebih penting di dalam compact house.

4. Produk 3-in-1 (Multifungsi)

Perabotan Rumah Tangga Multifungsi

Rumah modern minimalis ini selalu mengedepankan fungsi produk dengan memaksimalkan perabotan rumah tangga. Terbatasnya ruangan yang tersedia, membuat Sobat Builders harus bisa menyulap perabot menjadi multifungsi, seperti contohnya Sofa bed yang dapat dijadikan sofa sekaligus ranjang untuk tidur. Sehingga konsep produk 3-in-1 sangat cocok diterapkan dalam

Rumah modern minimalis ini selalu mengedepankan fungsi produk dengan memaksimalkan perabotan rumah tangga. Terbatasnya ruangan yang tersedia, membuat Sobat Builders harus bisa menyulap perabot menjadi multifungsi, seperti contohnya Sofa bed yang dapat dijadikan sofa sekaligus ranjang untuk tidur. Sehingga konsep produk 3-in-1 sangat cocok diterapkan dalam compact house. Membuat satu produk biasa menjadi luar biasa dan dapat berfungsi menjadi kebutuhan lainnya. Membuat satu produk biasa menjadi luar biasa dan dapat berfungsi menjadi kebutuhan lainnya.

5. Didominasi Warna Monokrom

Didominasi Warna Monokrom

Kentalnya sentuhan minimalis pada compact house berhubungan pula dengan pemilihan warna yang biasanya menggunakan warna monokrom. Alasannya karena dapat memberikan kesan kontras yang dapat menyoroti setiap ruangan. Selain itu, warna ini juga dapat memancarkan suasana minimalis, nuansa tenang dan menciptakan ruang santai yang memikat. Karena hanya berfokus pada beberapa warna dan corak.

Jika difokuskan pada desain eksteriornya, warna monokrom bisa diselaraskan dengan penggunaan warna atap baja ringan dari BlueScope ZacsTM Natural. Dimana warna Hitam Rokan yang memberikan kesan elegan namun tetap minimalis.

Warna Atap Hitam Rokan BlueScope ZacsTM Natural

Warna atap yang begitu cantik dan diperuntukan untuk hunian seperti compact house. Menampilkan estetika bangunan sehingga akan menunjukkan rumah tampak terlihat kokoh di antara rumah lainnya. Dengan pemilihan warna monokrom inilah, rumah compact house dapat terlihat luas dan juga nyaman untuk ditinggali oleh Sobat Builders. 

Jika ingin bermain di warna lainnya, hal itu tidak masalah. Karena warna monokrom hanya menjadi alternatif pertama dalam pembuatan compact house pada umumnya. Sobat Builders bisa mengkombinasikan dengan berbagai warna favorit seperti coklat dan abu-abu atau mungkin dengan warna – warna terang yang disukai.

Kemudian, pemilihan material atap dan warnanya yang cocok dengan hunian compact house bisa dilihat selanjutnya pada BlueScope ZacsTM Natural. Warna natural yang dihadirkan seperti Coklat Amara, Hijau Rasamala, hingga Merah Gaharu yang menciptakan estetika dan keindahan rumah. Ditambah rumah tampak terlihat nyaman serta begitu dekat dengan keberadaan alam di sekitar rumah. Ketahui biaya baja ringan dari BlueScope ZacsTM dengan mengunjungi website pada menu Kalkulator berikut ini www.bluescopezacs.id/kalkulator  



User Profile Picture