SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Keany
Terakhir diperbaharui: 21 Oct 2020
Share:
  • Klik untuk salin

Membangun Rumah Saat Musim Hujan, Apa saja yang harus diperhatikan?

Saat membangun rumah impian, terkadang kita menghindari membangun rumah saat musim hujan. Namun ketika Sobat Builders dihadapkan dengan musim hujan yang tidak menentu, kita harus siap dan mengerti bagaimana menghadapi masalah ketika kondisi seperti itu muncul.

Proses Membangun Rumah dengan Rangka Atap Baja Ringan

Proses Membangun Rumah dengan Rangka Atap Baja Ringan

Dalam perkembangan teknologi moderen saat ini, kita ditantang untuk membangun rumah dalam segala kondisi cuaca termasuk pada musim hujan. Informasi prakiraan cuaca dapat dengan mudah dikases dan dilihat kapanpun serta dimanapun melalui gadget smartphone, sehingga akan mempermudah rencana pembangunan rumah tinggal tanpa terganggu oleh cuaca.

 Fondasi Pembangunan Rumah

Fondasi Pembangunan Rumah

Tips Membangun Rumah Saat Musim Hujan

 

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membangun rumah saat musim hujan:

 

  1. Perhatikan prakiraan cuaca

Prakiraan cuaca akan membantu rencana pembangunan rumah tinggal. Sobat Builders bisa melihat terlebih dahulu apakah cuaca pada hari ini mendukung pembangunan rumah. Hal tersebut akan membantu merencanakan apa yang akan dikerjakan terlebih dahulu saat pembangunan rumah berlangsung.

 

  1. Memperhatikan kondisi area kerja

Cari tau mengenai struktur dan riwayat tanah yang akan dibangun rumah. Salah satunya adalah tanah kebun atau tanah merah yang merupakan tanah ideal untuk dijadikan lokasi bangun rumah.

Kenapa ideal? karena tanah ini mempunyai daya dukung tanah yang hampir mendekati 1 kg/cm2. Artinya pekerjaan pondasi bisa sangat mudah di bandingkan dengan kondisi tanah yang lainnya.

Selain itu keselamatan di tempat kerja juga harus diperhatikan, seperti tenaga listrik dapat menjadi bahaya besar di lokasi konstruksi ketika semuanya basah. Sakelar potongan harus dipasang di area kering yang jauh dari hujan.

 Memperhatikan Kondisi Area Kerja

Memperhatikan Kondisi Area Kerja

  1. Penyimpanan

Pada tahap ini penyimpanan bahan bangunan harus diperhatikan, terutama pada cuaca yang tidak menentu. Pertama, semen tidak boleh menyerap kelembaban, karena dapat mengeras sehingga menghasilkan kekuatan yang lebih sedikit. Semen harus dijauhkan dari segala jenis air atau uap air. Dengan mempertimbangkan membangun gudang sementara atau menyimpannya sekitar 20 sentimeter di atas permukaan tanah sambil ditutupi dengan lembaran plastik atau kanvas.

 Membangun Gudang Penyimpanan Sementara

Membangun Gudang Penyimpanan Sementara

Kedua, jika menggunakan Kayu sebagai salah satu material, maka kayu harus benar-benar kering. Karena kayu yang terkena air hujan membuat kadar air dalam kayu meningkat sehingga kualitas kayu menurun (keawetan & kekuatan nya menurun).

 

Apabila menggunakan baja ringan, usahakan disimpan dalam keadaan kering maka gunakan alas penumpu agar tidak berhubungan langsung dengan tanah atau genangan air.

 

Apabila disimpan ditempat terbuka, Baja ringan disusun / ditumpuk diatas alas penumpu secara miring untuk menghindari genangan air dan menutupnya dengan plastik. Kenapa diharapkan diposisikan miring agar air tidak menggenang diatasnya.

 Memperhatikan Kualitas Baja Ringan

Memperhatikan Kualitas Baja Ringan

  1. Biaya konstruksi mungkin dapat meningkat

Kita mungkin akan menemukan bahwa biaya konstruksi dapat meningkat selama musim hujan karena kurangnya bahan dan pengunaan jasa atap baja ringan untuk pemasangan. Banyak bahan konstruksi lebih sulit atau rumit untuk diproduksi selama musim hujan, seperti produksi batu bata. Pengeluaran logistik seperti biaya transportasi atau tenaga kerja mungkin juga naik karena kesulitan pekerjaan serta harga rangka baja ringan.

 

Oleh karena itu, kita harus melakukan perencanaan, menyetujui segala keperluan dengan kontraktor, dan menentukan masa kerja untuk mengantisipasi musim hujan. Konsultasikan dengan arsitek atau insinyur karena banyak yang mungkin menyarankan penundaan pembangunan. Tidak lupa kita juga harus menganggarkan sesuai dengan anggaran biaya.

Penyesuaian Anggaran Selama Musim Hujan

Penyesuaian Anggaran Selama Musim Hujan

  1. Kualitas Produk Bahan Bangunan Harus Mampu Bertahan di Cuaca Ekstrem Sekalipun.

            Inilah yang tidak kalah penting, Sobat Builders harus memastikan kualitas dari bahan bangunan yang digunakan. Seperti kualitas baja ringan yang dipakai untuk membangun rumah. Namun, kini Sobat Builders tidak perlu khawatir, karena BlueScope ZacsTM hadir dengan kualitas baja ringan bergaransi dan dapat menjadi pilihan utama Sobat Builders. Baja ringan BlueScope ZacsTM dapat bertahan dalam kondisi cuaca ekstrim sekalipun. Serta sudah teruji menggunakan teknologi canggih yang terbukti selama 100 tahun di Australia, dengan pelindung karat yang maksimal AZ100 serta bergaransi untuk keindahan warna dan perlindungan terhadap karatnya.



User Profile Picture