SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Tiara
Terakhir diperbaharui: 03 Jul 2022
Share:
  • Klik untuk salin

5 Tips Penting Agar Rangka Atap Baja Ringan Tetap Kokoh

Penggunaan baja ringan memang menjadi pilihan material utama pada zaman sekarang, terutama pada pembuatan rangka atap. Kualitas material yang anti karat dan kokoh membuat hunian lebih awet untuk jangka waktu panjang dibandingkan dengan penggunaan kayu atau bambu sebagai rangka atap.

Menjadikan baja ringan sebagai rangka atap juga memiliki banyak kelebihan, diantaranya kualitas yang sudah terjamin dan aman digunakan karena memiliki risiko kerusakan yang rendah.

Rangka Atap Baja Ringan

Rangka Atap Baja Ringan

 

 

 

Berikut 5 tips agar rangka atap baja ringan tetap kokoh :

 

  1. Buatlah Perencanaan yang Matang

Sebelum mulai membangun, Sobat Builders wajib membuat perencanaan yang matang untuk proses tersebut, perencanaan harus dibuat dari jauh-jauh hari. Lantas apa perencanaan yang perlu disiapkan? Sobat Builders wajib menghitung dengan baik seberapa banyak spesifikasi baja ringan yang dibutuhkan, kemudian Sobat Builders harus menghitung estimasi budget yang dibutuhkan untuk pembangunan tersebut. Hitung anggaran menggunakan kalkulator BlueScope Zacs® 

 

  1. Gunakan material bermutu tinggi

Sangat wajib hukumnya menggunakan material baja ringan yang bermutu dan berkualitas tinggi. Jangan hanya mengandalkan harga material yang murah namun tidak memperhatikan kualitasnya untuk jangka Panjang. Kualitas baja ringan sangat penting untuk diperhatikan karena mempengaruhi pada tingkat keamanannya. Gunakan material baja ringan dari BlueScope Zacs® yang sudah teruji menggunakan teknologi canggih yang terbukti selama 100 tahun di Australia, dengan pelindung karat yang maksimal AZ100 serta bergaransi untuk keindahan warna dan perlindungan terhadap karat dan sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

 

  1. Perhatikan jarak kuda-kudanya

Jarak kuda-kuda pada pemasangan rangka atap baja ringan sangat penting untuk diperhatikan. Jarak kuda-kuda yang direkomendasikan sekitar 1,2-1,3 m untuk atap ringan, sedangkan untuk atap berat direkomendasikan sekitar 1-1,2 m. Semakin jauh jarak kuda-kuda maka kekuatannya akan semakin lemah. Rekomendasi jarak kuda-kuda tersebut membuat baja ringan semakin kuat untuk menahan beban. Faktor-faktor penting yang harus diperhatikan pada jarak kuda-kuda adalah Panjang bentang kuda-kuda, tinggi bentang kuda-kuda, sudut kemiringan, jenis genteng yang digunakan, beban angin serta beban kerja.

 

  1. Pastikan struktur bawahnya kuat

Dalam pemasangan rangka atap baja ringan, Sobat Builders tidak hanya harus memperhatikan tentang struktur rangka atapnya saja. Tetapi wajib juga memperhatikan struktur-struktur bawah yang menahannya. Agar rangka atap tersebut lebih kokoh dan kuat untuk jangka Panjang.

 

  1. Gunakan tenaga tukang ahli yang tepat dan kompeten

Memasang rangka atap baja ringan harus dengan tukang baja ringan yang ahli dalam bidangnya, dikarenakan pemasangan rangka dari baja ringan ini lebih rumit dibandingkan rangka atap dari kayu atau bambu. Ada banyak bagian yang digunakan serta mempunyai fungsi-fungsi khusus. Itu sebabnya dibutuhkan tenaga ahli yang kompeten dan berpengalaman. Sobat Builders tidak perlu khawatir, BlueScope Zacs® menyediakan jasa tukang baja ringan yang terjamin keahliannya.

 

 

Itulah beberapa hal penting yang perlu Sobat Builders perhatikan agar rangka atap baja ringan tetap kokoh. Dengan adanya tips tersebut Sobat Builders tidak perlu bingung lagi ketika ingin melakukan pembangunan dengan menggunakan rangka atap baja ringan yang kuat, dan awet untuk hunian jangka Panjang.



User Profile Picture