SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Putri
Terakhir diperbaharui: 02 Dec 2021
Share:
  • Klik untuk salin

Inspirasi Atap Limas Minimalis Dengan Baja Ringan

 

Model atap rumah dalam suatu bangunan merupakan salah satu elemen yang penting dan memiliki pengaruh besar pada hasil akhir bentuk bangunan. Atap rumah memiliki berbagai macam bentuk dan yang sering digunakan yaitu model atap rumah limas.

Atap limas atau dikenal juga dengan atap perisai adalah penyempurnaan dari atap pelana yang terdiri dari dua bidang miring berbentuk trapesium. Atap limas memiliki bentuk yang lebih proporsional dan dapat dikreasikan dengan berbagai bentuk atap rumah, namun cara membuat atap ini dinilai lebih rumit dan memerlukan biaya yang cukup tinggi.

Atap limas juga dapat diaplikasikan ke berbagai model atap rumah, menyesuaikan desain yang diinginkan. Berikut merupakan contoh-contoh rumah yang menggunakan atap limas:

  1. Atap Limas Minimalis


    Atap Limas Baja Ringan                                                                                                                                    Atap Limas Baja Ringan

    Gambar berikut merupakan contoh rumah minimalis atap limas. Salah satu alasan mengapa banyak rumah minimalis yang menggunakan model atap rumah limas yaitu karena limas merupakan bentuk yang menarik untuk dikreasikan sehingga akan terlihat lebih mewah tetapi tidak meninggalkan kesan minimalis. Selain itu, atap limas juga mampu melindungi struktur bangunan dengan mengingat bahwa Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis.

  2. Atap Limas Oriental


     Atap Limas Oriental

    Sumber foto : 99.co

    Jenis atap limas oriental ini sangat cocok jika kamu menginginkan rumah nuansa Jepang. Perpaduan antara warna atap dan dinding menjadikan rumah tersebut juga terlihat manis dan elegan.

  3. Atap Limas Rumah Gaya Mediterania

Atap Limas Mediterania

Sumber foto : dekoruma.com

Rumah dengan gaya mediterania ini juga sering menggunakan model atap limas, baik limas persegi enam maupun persegi delapan. Warna dinding pada rumah gaya mediterania umumnya adalah earth tone guna menarik perhatian.

Terdapat berbagai keuntungan yang bisa Sobat Builders dapatkan jika memilih menggunakan model atap rumah limas, yaitu:

  1. Model atap limas mampu melindungi struktur bangunan dari kerusakan yang disebabkan oleh cuaca ekstrim, sehingga cocok digunakan di Indonesia yang beriklim tropis.
  2. Model atap rumah limas dapat dikreasikan menjadi berbagai model atap yang menarik karena limas memiliki banyak bentuk, seperti limas segi empat, limas segi enam, limas segi delapan. Selain itu model atap limas juga terlihat lebih proporsional daripada atap pelana.
  3. Dapat terlindung dari panas terik matahari dan terpaan angin karena bentuk atap yang miring pada tiap sisinya.
  4. Memiliki ruang kosong sehingga dapat dimanfaatkan sebagai loteng dan ruang penyimpanan.

Adapun kekurangan dalam bentuk atap limas yaitu:

  1. Struktur atau potongan atap limas umumnya lebih rumit dan kompleks, sehingga membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih lama.
  2. Membutuhkan lebih banyak material kuda kuda baja ringan sehingga biaya yang dikeluarkan menjadi lebih mahal.
  3. Menyebabkan terbuangnya beberapa material karena kerangka model atap rumah limas cenderung miring.

Rumah dengan model atap limas ini merupakan hal yang tepat untuk Sobat Builders karena mampu melindungi struktur bangunan di negara beriklim tropis ini. Selain itu, model atap limas juga bisa digunakan untuk bangunan minimalis maupun mewah. Perhitungan kuda – kuda baja ringan yang tepat sangat penting untuk membangun konstruksi atap limas yang kokoh dan tangguh. Sedangkan material untuk membangun model atap limas ini bisa menggunakan baja ringan yang telah tersedia dari berbagai ukuran.

Sobat Builders bisa memilih material baja ringan dari BlueScope Zacs ®️ yang memiliki berbagai keunggulan untuk mendukung konstruksi rumah Sobat Builders, diantaranya:

  1. Kualitas Australia yang tahan lama
  2. Sudah berstandar SNI
  3. Memiliki garansi hingga 10 tahun
  4. Lebih ringan & hemat listrik membuat rumah lebih sejuk
  5. Memiliki berbagai variasi warna menarik dan jenis 

Mengingat bahwa model atap rumah merupakan salah satu elemen penting maka perpaduan antara material baja ringan, model atap, dan konsep minimalis/mewah merupakan pilihan yang cerdas untuk kali ini. Pada kesempatan ini, BlueScope Zacs®️ hadir dengan kualitas baja ringan terbaik untuk melengkapi kesempurnaan bangunan dan konstruksimu, cek berbagai produk dari BlueScope Zacs®️ dan hitung kebutuhan material serta biaya membuat atap limas.



User Profile Picture