SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Sofi
Terakhir diperbaharui: 03 Jul 2022
Share:
  • Klik untuk salin

Menghitung Kebutuhan Genteng Metal pada Model Atap Pelana

Genteng metal menjadi solusi penutup atap saat ini. Jika dibandingkan dengan genteng keramik atau atap konvensional lainnya, genteng metal memiliki keunggulan yaitu resiko bocor yang minim, kuat dan tahan lama, anti rayap dan jamur, bobot yang ringan, serta pemasangannya yang cepat.

 

 

Genteng metal dapat diaplikasikan pada beberapa jenis model atap, salah satunya yaitu atap pelana. Bagi Sobat Builders yang ingin menggunakan material genteng metal pada model atap pelana, sebaiknya menghitung kebutuhan mulai dari biaya hingga banyaknya genteng metal yang akan digunakan.

 

Pentingnya menghitung estimasi biaya pemasangan genteng metal:

  1. Mengetahui jumlah dan kualitas genteng metal yang digunakan

Dalam memilih genteng metal, Sobat Builders harus memerhatikan kualitas genteng yang digunakan. Misalnya dengan adanya garansi resmi perlindungan karat selama 10 tahun dan perlindungan warna selama 5 tahun. Sobat Builders juga harus mengetahui ketebalan genteng metal dan baja ringan yang digunakan agar genteng metal yang digunakan menjadi kokoh dan tahan lama.

 

  1. Meminimalisir penambahan biaya yang signifikan

Sobat Builders dapat menghitung estimasi biaya kebutuhan genteng metal yang diperlukan dengan menggunakan kalkulator BlueScope Zacs®.

 

  1. Pemasangan genteng metal berjalan dengan lancar

Pemasangan genteng metal akan berjalan lancar jika Sobat Builders menghitung estimasi biaya dan kebutuhan genteng metal sebelum memasangnya. Hal tersebut dilakukan agar tidak ada kendala saat tukang baja ringan mulai melakukan pemasangan genteng metal.

 

Cara Menghitung Luas Atap Pelana

Dalam menghitung luas atap pelana, Sobat Builders dapat menggunakan satuan meter persegi atau m2. Jika atap rumah memiliki panjang 6 meter, lebar 10 meter, overstek 1 meter, dan sudut kemiringan atap 30 derajat, maka berapa luas atap pelana?

 

Rumus luas atap pelana = panjang + (overstek.2) x lebar + (overstek.2) / sudut kemiringan atap

= (6 m + 2 m) x (10 m + 2 m) / cos 30

= (8 meter x 12 meter) / cos 30  

= (96 meter) / 0,83

= 115,6 meter persegi  

Jadi, luas atap pelana pada contoh di atas yaitu 115,6 m2. Kemudian, untuk mengetahui kebutuhan genteng metal pada atap pelana, Sobat Builders dapat menghitungnya dengan menggunakan kalkulator BlueScope Zacs®.

 

 

Dengan perhitungan yang tepat, tentunya akan memudahkan Sobat Builders dalam mengalokasikan budget pemasangan genteng metal, serta akan memudahkan kerja tukang baja ringan karena jumlah genteng metal sesuai dengan yang dibutuhkan. Dalam pemasangan genteng metal, Sobat Builders wajib menggunakan jasa tukang baja ringan yang berpengalaman agar perhitungan rumus jarak hingga pemasangan rangka atap baja ringan, kuda kuda baja ringan, hingga kanopi baja ringan dilakukan dengan standar keamanan yang sesuai.



User Profile Picture