SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Irene
Terakhir diperbaharui: 03 Jul 2022
Share:
  • Klik untuk salin

Perhatikan Hal Ini Untuk Mencegah Atap Bocor Saat Musim Hujan

Permasalahan yang sering kali timbul dalam bangunan bagian atap adalah terjadinya kebocoran atau adanya rembesan air dari sela – sela atap. Hal ini biasanya baru disadari ketika atap sudah mengalami kebocoran, padahal Sobat Builders bisa mengidentifikasi dan menghindari sebelum terjadinya hal ini. Berikut beberapa tips penting yang bisa Sobat Builders lakukan untuk menghindari kebocoran atap.

 

 

1.Lakukan Pemeriksaan Atap dan Plafon

 

Penting untuk melakukan pemeriksaan rutin setahun 2x pada rangka atap baja ringan, genteng metal, serta plafon, khususnya menjelang musim hujan atau momen lebaran dan tahun baru, di saat ingin menyambut keluarga yang datang ke rumah sekaligus persiapan sebelum musim hujan tiba.

Pastikan tidak ada lubang atau rembes. Tanda kebocoran pada atap dapat dilihat dari perubahan warna menjadi kemerahan, yang artinya berkarat dan rapuh, atau warna atap yang memudar. Jika warna plafon berubah, segera periksa dan perbaiki agar plafon tidak roboh saat hujan datang.

 

2. Periksa Talang Air

 

 

Periksa talang air secara berkala supaya air hujan tidak merembes ke dinding melalui talang air. Jangan lupa untuk memastikan kemiringan atap. Dengan kemiringan yang tepat, air hujan dapat mengalir ke talang air, sehingga tidak ada air yang menggenang dan dapat meminimalisir bocor serta rembes pada dinding.

 

3. Pastikan Atap Tidak Berkarat

Lakukan pengecekan berkala pada atap setiap tiga bulan. Jika sudah ada beberapa bagian yang berkarat, sebaiknya segera lakukan renovasi pada bagian atap yang berkarat supaya tidak menyebar ke area lainnya.

 

4. Memastikan Kualitas Bahan Bangunan

Penggunaan kualitas bahan bangunan seperti material atap baja ringan atau genteng metal tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kualitas bangunan. Ini bertujuan untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan seperti kebocoran, pengeroposan, karat, ataupun memudarnya warna.

Dengan mengetahui lebih awal Sobat Builders bisa melakukan perbaikan lebih awal sebelum musim hujan tiba. Selain itu, saat melakukan renovasi pada bangunan pastikan Sobat Builders sudah memperhitungkan rumus kuda kuda baja ringan yang kokoh, maka penggunaan baja ringan dan genteng metal menjadi lebih tahan lama.

Selain itu, pemasangannya harus dilakukan oleh tukang baja ringan yang kompeten agar pemasangan lebih cepat dan terjamin keamanannya.

BlueScope Zacs®️ dengan kualitas baja ringan terbaik dan bergaransi bisa menjadi pilihan Sobat Builders. Baja ringan BlueScope Zacs® dapat bertahan dalam kondisi cuaca ekstrim sekalipun. BlueScope Zacs®️ sudah teruji menggunakan teknologi canggih yang terbukti selama 100 tahun di Australia, dengan pelindung karat yang maksimal AZ100 serta bergaransi untuk keindahan warna dan perlindungan terhadap karat.

Yuk, ciptakan hunian yang nyaman dengan melakukan pengecekan berkala pada atap rumah agar terhindar dari kerusakan atap dan plafon yang membuat biaya renovasi membengkak.

 



User Profile Picture