SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Tiara
Terakhir diperbaharui: 02 Dec 2022
Share:
  • Klik untuk salin

Rumus Kuda-Kuda Baja Ringan Untuk Atap Limas

Baja Ringan kini kian populer dan banyak digunakan karena ketahanan korosinya yang baik serta bobotnya yang ringan. Rumus kuda-kuda baja ringan merupakan salah satu komponen yang wajib diketahui dalam proses pembangunan atap rumah dengan material baja ringan.

 

 Rangka Baja Ringan

 

Rangka Atap Baja Ringan

 

Rumus membuat kuda-kuda baja ringan meliputi tiga komponen penting, diantaranya:

 

  1. Ketinggian Atap

Dalam menghitung rumus kuda-kuda baja ringan, menghitung ketinggian atap merupakan hal utama yang paling penting. Rumus menghitung ketinggian atap adalah lebar bangunan dikalikan setengah kemudian dikalikan dengan tangen sudut atap.

 

Rumus ketinggian atap  : ½ x lebar bangunan x tan a (kemiringan sudut atap)

 

  1. Kemiringan Atap

Rumus kuda-kuda baja ringan selanjutnya yang harus diperhitungkan adalah kemiringan atap Rumus yang digunakan untuk menghitung kemiringan atap yaitu lebar bangunan dikalikan setengah kemudian dikalikan dengan cosinus sudut kemiringan.

 

Rumus kemiringan atap : ½ x lebar bangunan x cos a (kemiringan sudut atap)

 

  1. Overstek

Overstek merupakan bagian dari atap rumah yang menggantung di sisi atap. Struktur ini berperan sebagai pelindung bangunan dari hempasan air hujan yang dapat masuk melalui celah ujung penutup atap. Tinggi overstek bergantung pada kemiringan atau ketinggian atap sedangkan jaraknya sendiri berkisar antara 1 hingga 1,5 meter.

 

Rumus overstek : panjang overstek x cos a (kemiringan sudut atap)

 

 

  1. Rumus Kuda-Kuda Baja Ringan

 

Cara menghitung luas atap rumah dan kuda kuda baja ringan membutuhkan kalkulator ilmiah karena perhitungan menggunakan konsep dasar rumus trigonometri yaitu cosinus dan tangen. Sobat Builders juga harus menyiapkan alat ukur/meteran untuk mengetahui lebar dan panjang dari atap Sobat Builders. Sobat Builders harus mengetahui dulu Rumus kuda – kuda baja ringan untuk pemula

 

  1. Contoh Perhitungan Rumus Kuda-Kuda Baja Ringan Untuk Atap Limas

Rumus kuda-kuda baja ringan atap limas pada umumnya tidak jauh berbeda dengan atap rumah model lainnya. Misalkan Sobat Builders ingin membuat atap limas dengan ukuran 6m x 12m, sudut kemiringan atap 35 derajat dan overstek 1m. Berikut contoh perhitungannya :

 

 

 

Hitung ketinggian atap

 

h   =  x lebar bangunan x tan θ

 

     =  x 6m x tan 35

 

     = 2,1m

 

Hitung kemiringan atap

 

s    =  x lebar bangunan x cos θ

 

      =  x 6m x cos 35

 

      = 2,46m

 

Hitung overstek miring

 

Os  = 1m x cos 35

 

      = 0,819m

Maka, total kemiringannya adalah 3,279m.

Rumus kuda-kuda baja ringan harus di kalkulasikan dengan tepat dan penuh kehati-hatian. Karena menyangkut keamanan dan ketahanan atap rumah Sobat Builders.

 

Gunakan material rangka atap baja ringan dari BlueScope Zacs® Truss diproduksi menggunakan teknologi Australia yang sudah teruji selama 100 tahun dan produknya dilindungi oleh garansi resmi dari PT NS BlueScope Indonesia untuk ketahanan karat minimal sampai 10 tahun. Sobat Builders juga bisa menghitung estimasi biaya kebutuhan baja ringan melalui kalkulator BlueScope Zacs® .



User Profile Picture