SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Putri
Terakhir diperbaharui: 19 May 2024
Share:
  • Klik untuk salin

Tips Menangkal Petir pada Atap Baja Ringan

Apakah benar bahan material logam seperti atap baja ringan justru mempermudah sambaran petir terjadi? Faktanya ketika Petir “siap” menyambar, dia akan mecari konduktor listrik terbaik dan terdekat, bisa berupa bangunan tinggi dan pohon karena komponen tersebut merupakan konduktor listrik terbaik dibandingkan udara.

 

Atap Rumah

 

Atap baja ringan merupakan salah satu konduktor listrik. Namun baja ringan sama dengan cara kerja penangkal petir, bukan “menarik” petir, melainkan menyalurkannya dengan aman ke tanah jika petir menyambar kearea bangunan, menghindari terjadinya kebakaran hingga ledakan.

 

Sobat Builders juga dapat melakukan beberapa hal di bawah ini untuk menangkal petir:

  1. Kualitas produk rangka baja ringan dan genteng metal 

Dengan menggunakan kualitas produk yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI), maka dapat dipastikan keamanannya, mulai dari proses produksi hingga penggunaan. Kualitas produk menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan karena berkaitan dengan keselamatan dan keamanan penghuni rumah.

  1. Menggunakan tukang baja ringan yang kompeten

Dalam hal ini, Sobat Builders harus lebih teliti dalam menggunakan jasa tukang baja ringan. Tukang baja ringan (yang kompeten dapat memahami bagaimana menghitung rumus jarak serta memasang kuda kuda baja ringan, kanopi baja ringan , rangka atap baja ringan, genteng metal, hingga dinding metal. Tidak hanya itu, tukang baja ringan juga harus mengetahui bagaimana cara instalasi listrik yang benar agar tetap aman digunakan pada material baja ringan dan genteng metal.

  1. Menggunakan penangkal petir

Menggunakan penangkal petir merupakan salah satu cara untuk mencegah risiko berbahaya yang dihasilkan oleh sambaran petir. Biasanya, penangkal petir berada pada bagian atas bangunan mulai dari pabrik hingga gedung pencakar langit.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan penggunaan atap baja ringan, terutama pada saat musim hujan. 

Demi keamanan dan keselamatan banyak orang, Sobat Builders dapat memilih produk rangka baja ringan dan atap BlueScope Zacs® karena ketebalan dan materialnya telah sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan memiliki garansi resmi  berupa ketahanan karat dan warna.

 

 Garansi Atap Baja Ringan BluesCope Zacs

Garansi Produk Baja Ringan BlueScope Zacs®

 

BlueScope Zacs® juga menyediakan jasa tukang ahli baja ringan sehingga Sobat Builders tidak perlu khawatir lagi dengan prosedur keamanan dalam pemasangan rangka baja ringan maupun atap baja ringan Jadi, tips aman menggunakan baja ringan saat musim hujan yaitu dengan menggunakan kualitas produk yang baik, menggunakan jasa tukang baja ringan yang berkompeten, dan menggunakan penangkal petir untuk mengurangi risiko yang dihasilkan oleh sambaran petir.



User Profile Picture


Felix
06 Apr 2022

Halo Tim BlueScope, salam kenal. Saya ingin bertanya, seperti yg tim bluescope bilang kalau bajaringan itu punya sifat menyalurkan dengan aman ke tanah jika petir menyambar bangunan. Yg ingin saya tanyakan, bagaimana cara bajaringan menyalurkan tenaga listrik yg dr petir tersebut ke tanah jika tidak menggunakan alat penangkal petir? Mohon pencerahan nya. Terima Kasih sebelumnya.


bangzaki2022@gmail.com
20 Jul 2022

Menjawab pertanyaan Bapak Felix:Petir biasanya akan menyambar Gedung / bangunan yang lebih tinggi di sekitar area, sehingga rumah harusnya lebih aman Atap baja ringan disebut sebagai konduktor yang baik, sedangkan kayu / beton, disebut sebagai konduktor yang buruk. Listrik akan melewati konduktor yang baik, seperti tembaga, baja ringan, serta berbahan logam, lalu menyalurkan muatannya ke tanah. Meski demikian, tetap sebaiknya memasang penangkal petir. Pemasangan baja ringan juga harus benar dan dilakukan oleh ahlinya.. Terima kasih