SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Tiara
Terakhir diperbaharui: 02 Dec 2022
Share:
  • Klik untuk salin

Bisakah Rangka Atap Baja Ringan Menopang Genteng Tanah Liat?

Penggunaan baja ringan untuk kebutuhan rangka atap kini kian populer dibandingkan rangka dari material lainnya, dikarenakan rangka baja ringan memiliki beberapa kelebihan yang unggul. Namun, dengan bobotnya yang ringan tidak sedikit pula yang ragu terhadap ketahanan rangka dari baja ringan dalam menopang genteng.

 

Genteng Tanah Liat 

 

Hal yang harus diperhatikan saat pemasangan rangka baja ringan

Sobat Builders tidak perlu ragu lagi dalam memilih baja ringan sebagai material rangka atap, berikut beberapa faktor yang harus diperhatikan agar rangka baja ringan kuat untuk menopang genteng:

 

  1. Perhatikan ukuran baja ringan

Tiap bagian kuda-kuda rangka atap baja ringan yang dibuat dari baja ringan kanal C memiliki ukuran ketebalan yang berbeda-beda. Kuda-kuda baja ringan merupakan struktur atap yang sangat penting perannya. Ini karena berfungsi sebagai material struktural yang mampu menahan bobot atap serta beban hidup lainnya.

Pada umumnya, baja ringan kanal C memiliki ukuran 0, 60 mm – 0,75 mm dan 1 mm. perbedaan ukuran yang berbeda pada baja ringan karena masing-masing berbeda fungsinya.

 

Jika kuda-kuda menopang jenis penutup atap berupa genteng metal, asbes dan genteng spandek biasanya digunakan baja ringan dengan ukuran 0,77mm.

Namun jika menggunakan penutup atap berbahan genteng keramik, beton, genteng tanah liat atau genteng lainnya yang berbobot diatas 58 kg, sebaiknya gunakan baja ringan kanal C berukuran 75x1 mm.

 

  1. Perhatikan jarak kuda-kuda dan jarak reng

Jarak kuda-kuda sangat penting diperhatikan saat pemasangan rangka atap baja ringan. Semakin tebal bahan, maka kuda-kuda yang dibuat dapat lebih renggang.

Jarak kuda-kuda dapat ditentukan berdasarkan jenis atap yang digunakan. Misalnya, jarak kuda-kuda baja ringan yang digunakan 1,2m jika penutup atap menggunakan genteng tanah liat.

 

Reng sebagai komponen yang berfungsi untuk dudukan atap. Pemasangan reng melintang di atas top chord. Ketentuan jarak reng yang dapat digunakan untuk genteng tanah liat kisaran 23cm – 24cm.

 

  1. Perhatikan pemasangan rangka atap baja ringan

Hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan rangka atap baja ringan adalah perencanaan pemasangan atap yang matang dan perhitungan kuda kuda baja ringan yang tepat. Untuk itu, gunakan tukang baja ringan yang berpengalaman dan memiliki kinerja yang kompeten. Karena pemasangan rangka baja ringan memiliki Teknik khusus tersendiri yang tidak bisa dikerjakan oleh sembarang tukang.

 

Tips perawatan untuk rangka atap baja ringan tahan lama

 

Berikut tips supaya rangka atap baja ringan mampu menopang genteng dengan aman dan kokoh:

  1. Hindari baja ringan dari semen. Hal tersebut dikarenakan cairan semen mengandung bahan yang dapat merusak permukaan lapisan anti karat pada baja ringan.
  2. Hindari baja ringan dari cuaca ekstrim saat pemasangan, baik itu hujan maupun panas. Hal tersebut jika dibiarkan dan berlangsung lama dapat mengurangi daya tahan dari lapisan anti karat pada baja ringan.
  3. Hindari baja ringan dari cairan kimiawi yang bersifat asam. Lapisan anti karat pada baja ringan sangatlah sensitif dan mudah menghilang jika terkena bahan kimiawi.
  4. Hindari terkena benda tajam atau alat kerja yang mampu menggores baja ringan dan dapat merusak baja ringan.

 

Keunggulan rangka baja ringan BlueScope Zacs®️

 

 

Keunggulan Baja Ringan BlueScope Zacs®️

 

 

Dalam memilih baja ringan harus memperhatikan kualitas dan ketahanan dari material tersebut. Kualitas baja ringan sangat menentukan kekuatan dan kekokohan baja ringan yang akan digunakan sebagai rangka atap. Pastikan material baja ringan yang dipilih sudah sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan memiliki garansi resmi.

Sobat Builders bisa menggunakan baja ringan dari BlueScope Zacs®️ Truss sebagai rangka atap. Baja ringan BlueScope Zacs®️ memiliki lapisan AZ100 yang dapat melindungi dari karat sehingga aman dan kuat untuk jangka panjang.

Berdasarkan ulasan diatas dapat disimpulkan bahwa rangka atap baja ringan cukup kuat untuk menopang genteng tanah liat. Dengan catatan, tukang baja ringan yang melakukan pemasangan harus memperhatikan cara pasang kuda-kuda baja ringan dengan tepat dan material yang digunakan berkualitas dan sudah sesuai standarnya.

 

 



User Profile Picture