SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Tiara
Terakhir diperbaharui: 31 Jan 2023
Share:
  • Klik untuk salin

Cara Cepat Hitung Kebutuhan Baja Ringan untuk Kanopi

Baja ringan sebagai salah satu material yang mulai banyak digunakan untuk sebuah bangunan rumah. Kini, baja ringan tidak hanya sebagai material rangka atap saja namun sudah banyak diinovasikan menjadi interior dan bangunan pendukung rumah lainnya seperti kanopi.

Kanopi Baja RinganKanopi Baja Ringan

Baja ringan terbuat dari berbagai campuran bahan dasar, mulai dari seng dan alumunium. Baja ringan bersifat kaku, ringan, namun tetap kokoh sehingga sangat mumpuni untuk menopang beban berat sekalipun. Pada pembuatan kanopi, baja ringan bisa menjadi material untuk tiang kanopi hingga penutup atap nya.

 

Fungsi dan Ukuran Baja Ringan Berdasarkan Jenisnya

 

Baja ringan memiliki berbagai jenis dan ukuran yang berbeda-beda sesuai dengan fungsi nya masing-masing. Berikut perbedaan fungsi dan ukuran baja ringan reng, kanal c, dan hollow:

ukuran baja ringanJenis Baja Ringan

  1. Reng Baja Ringan

Reng baja ringan berfungsi penting terutama pada konstruksi atap, biasaanya reng baja ringan dipasang melintang untuk menahan atau sebagai sangkutan genteng. Reng merupakan jenis baja ringan dalam bentuk bilah-bilah. Reng terbuat dari bahan Zinc tahan karat sehingga lebih tahan karat dari kondisi cuaca tropis di Indonesia.

Terdapat dua macam reng baja ringan yaitu bentuk simetris dan asimetris. Reng simetris memiliki dua sisi miring, sementara reng asimetris hanya mempunyai satu sisi miring dan satu sisi dengan sudut 90 derajat.

Pada umumnya, reng baja ringan memiliki ukuran panjang dan lebar 4,8 x 3 cm atau 5,8 x 3 cm dengan ketebalan 0,45 mm dan panjang 6 meter. 

  1. Kanal C Baja Ringan

Baja ringan jenis ini memiliki ukuran seperti huruf c, pada umumnya baja ringan jenis ini digunakan untuk konstruksi atap sebagai kuda-kuda maupun rangka atap. Namun, tidak hanya untuk konstruksi atap, kanal c baja ringan juga bisa digunakan sebagai tiang bangunan pendukung rumah lainnya yang bebanya tidak terlalu berat seperti kanopi.

Ukuran standar dari kanal c baja ringan adalah 7,5 x 3,5 cm dengan ketebalan 0,6 – 1 mm dan memiliki panjang 6 meter.

  1. Hollow Baja Ringan

Hollow baja ringan berbentuk seperti balok dengan ujung persegi dan memiliki bagian dalam yang kosong. Umumnya, hollow baja ringan digunakan untuk kebutuhan interior seperti kanopi dan plafon rumah.

Ukuran hollow baja ringan pada umumnya adalah 1,5 x 3 cm atau 3 x 3 cm dengan ketebalan 0,3 mm dan panjang 4 meter.

 

Keunggulan Reng Baja Ringan untuk Kanopi

 

  1. Mudah untuk dirakit

Perakitan kanopi baja ringan terbilang mudah dibanding material lainnya dikarenakan bobot baja ringan yang ringan sehingga mudah dikerjakan dengan 2-3 orang saja. Hal tersebut juga akan mengurangi budget yang dikeluarkan.

  1. Anti karat dan anti rayap

Berbeda dengan material besi yang bisa berkarat ataupun material kayu yang akan lapuk seiring berjalannya waktu dan mampu dimakan rayap, kanopi dari material baja ringan mampu bertahan lama hingga puluhan tahun karena materialnya dilapisi galvalum, pelapis anti karat yang terbuat dari karbon, zinc, dan alumunium zinc.

  1. Tidak mengalami muai dan susut

Kanopi baja ringan memiliki ketahanan yang kuat dan kokoh terhadap perubahan cuaca dan terpaan cuaca ekstrem sekalipun. Kanopi baja ringan tidak akan mengalami muai dan tidak menyusut akibat perubahan cuaca. Baja ringan yang berkualitas akan tetap pada bentuk aslinya dan tidak akan mengurangi estetika dan keamanannya.

 

Langkah-Langkah Cara Membuat Kanopi Baja Ringan

 

  1. Lakukan Pengukuran

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pengukuran. Lakukan pengukuran di halaman agar memastikan kanopi yang dibuat ukurannya pas tidak terlalu kecil maupun terlalu besar.

Cara perhitungannya cukup dengan menghitung luasnya, gunakan rumus perhitungan luas. Misalnya, jika ingin membuat kanopi berbentuk persegi panjang maka gunakan rumus luas persegi panjang yaitu panjang x lebar.

  1. Memilih Jenis Baja Ringan

Baja ringan dipasaran memiliki jenis yang beragam, pilih baja ringan yang memiliki fungsi sesuai dengan kanopi yang akan dibangun.

  1. Membuat Tiang Kanopi

Sesuaikan tinggi tiang dengan tinggi kanopi yang hendak dipasang. Pada umumnya, kanopi rumah memiliki tinggi tiga hingga empat meter. Kemudian standar penggunaan baja ringan pada tiang kanopi yaitu 2 lapis baja ringan agar mampu menopang atap atau penutup dengan kuat.

  1. Merancang Rangka Atap

Setelah membuat tiang kanopi, maka langkah selanjutnya adalah merancang rangka atap kanopi. Sesuaikan jumlah rangka batang baja ringan untuk rangka kanopi dengan tepat sesuai dengan ukuran kanopi. Maka dari itu, sebelum membuat kanopi harus melakukan perhitungan kebutuhan baja ringan dengan benar.

  1. Memilih Material Atap

Pilihlah material atap yang berkualitas dan cocok untuk kanopi baja ringan misalnya seperti genteng metal. Genteng metal memiliki bobot yang ringan dan awet untuk jangka panjang. BlueScope Zacs® menyediakan genteng metal berkualitas dengan berbagai pilihan warna menarik yang natural dan trendi. Genteng metal BlueScope Zacs® siap membuat kanopi Sobat Builders menjadi cantik dan estetik.

  1. Lakukan Pemasangan

Langkah terakhir adalah jika tiang dan kerangka atap sudah rampung dan sudah mendapatkan material atap berkualitas, maka lanjutkan ke tahap pemasangan. Peralatan yang harus disiapkan untuk pemasangan atap antara lain baut, bor tangan, mata bor, meteran, penggaris siku, gunting khusus baja, dan lainnya.

 

Estimasi Biaya Material Baja Ringan untuk Kanopi

 

Agar tidak melebihi budget yang dimiliki, perhitungan estimasi biaya material untuk kanopi baja ringan sangat diperlukan dan perlu dihitung dengan matang. Sobat Builders bisa mengetahui dengan mudah berapa banyak kebutuhan baja ringan untuk kanopi dan berapa estimasi biayanya dengan kalkulator BlueScope Zacs®

Misalnya, jika kanopi memiliki ukuran lebar 3 meter, panjang 4 meter, dan sudut kemiringan atap 15 derajat. Maka berikut perhitungan estimasi nya:

Kalkulator BlueScope Zacs®

Kalkulator BlueScope Zacs®

Tidak dapat dipungkiri, harga baja ringan dapat berubah tiap tahunya dan terdapat perbedaan harga di tiap-tiap daerah, namun perhitungan estimasi tersebut adalah rata-rata harga di Indonesia. Dalam pembuatan kanopi baja ringan diperlukan material baja ringan yang kokoh serta berkualitas agar kanopi tahan untuk jangka waktu panjang. Gunakan produk baja ringan dari BlueScope Zacs®️ yang menjamin dengan garansi resmi 10 tahun ketahanan karat dan 5 tahun ketahanan warna.

 

Tagging : Atap, Baja Ringan, Kanopi Baja Ringan, Kalkulator



User Profile Picture