SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Tiara
Terakhir diperbaharui: 21 Jul 2024
Share:
  • Klik untuk salin

Cara Hitung Kebutuhan Rangka Atap Baja Ringan untuk Atap Rumah Minimalis

Atap merupakan komponen paling penting pada sebuah bangunan, atap akan melindungi bangunan dari berbagai cuaca. Untuk membangun atap yang kokoh, diperlukan pula rangka atap dengan material terbaik. Material rangka atap biasanya terbuat dari kayu, namun kini kebanyakan pemilik banggunan mulai beralih ke material baja ringan sebagai rangka atap.

 

Rangka Baja Ringan

Rangka atap baja ringan

 

Material baja ringan kini tidak hanya diaplikasikan pada bangunan besar seperti pabrik dan gudang. Banyak perumahan-perumahan yang sudah beralih ke baja ringan. Rangka baja ringan kian populer di dunia konstruksi menggeser penggunaan kayu sebagai rangka atap untuk sebuah rumah karena lebih kokoh dan memiliki beberapa keunggulan seperti:

 

1.Mudah dipasang
Baja ringan memiliki bentuk fleksibel dan mudah dipasang karena bobot nya yang ringan sehingga memudahkan pemilik rumah utuk membangun atap sesuai bentuk dan konsep yang diinginkan.

2.Tahan api dan korosi
Baja ringan tahan terhadap api dan korosi karena coating nya mengandung Alumunium Zinc 100gr/m2.

3.Tidak mudah lapuk
Baja ringan lebih kuat dan tahan lama karena tidak dapat di makan rayap dan tidak mengalami pelapukan seiring berjalannya waktu, tidak seperti material kayu.

4.Harga terjangkau
Baja ringan memiliki harga yang relatif terjangkau untuk penggunaan jangka panjang dibanding dengan material lainnya.

 

Dengan keunggulan yang dimiliki, maka tak heran jika kini banyak rumah-rumah minimalis yang mengaplikasikan baja ringan sebagai material rangka atap nya. Terutama bagi keluarga kecil dan pasangan-pasangan muda yang ingin memiliki rumah minimalis impian yang kokoh namun sesuai budet yang dimiliki. Salah satu type rumah minimalis yang kian populer adalah type 36.

 

Lantas, bagaimana cara menghitung kebutuhan rangka atap baja ringan untuk kebutuhan rumah minimalis type 36?

 

Cara Hitung Kebutuhan Rangka Baja Ringan

 

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah ketahui dahulu ukuran rumah dan sudut kemiringan atap rumah sebelum menghitung kebutuhan baja ringan.

 

Biasanya, rumah minimalis dengan type 36 memiliki ukuran 6 m x 6 m.

Diketahui:

Lebar rumah: 6m

Panjang rumah: 6m

Overstek: 1m

Kemiringan atap: cos 35° atau 0,819

Panjang bangunan = panjang rumah + (2 x panjang overstek) = 6 + (2 x 1) = 8 meter

Lebar bangunan = lebar rumah + (2 x panjang overstek) = (6 + (2 x 1) = 8 meter

Derajat kemiringan = Cos 35 = 0,819

Berdasarkan data di atas, maka digunakan rumus:

Volume Atap = (panjang rumah + panjang overstek di kedua sisi) x (lebar rumah + panjang overstek di kedua sisi)/derajat kemiringan atap
Jadi, volume atap baja ringan adalah = ( 8 x 8 ) / 0,819 = 78,144 atau 79 meter kubik.

 

Kebutuhan Kanal C dan Reng

 

Jenis baja ringan

Pada saat mengaplikasikan rangka baja ringan, Kanal C, dan reng merupakan komponen penting yang perlu diperhatikan perhitungannya untuk mengetahui kebutuhan material yang digunakan, dengan menghitung kebutuhan nya, dapat mempermudah untuk memprediksi dana yang dikeluarkan. Berikut adalah contoh perhitungannya:

 

Jumlah Kanal C = (Volume atap x 4) / (Panjang baja ringan per batang)
(79 x 4) / 6 = 316/6 = 52,66 atau 53 batang Kanal C

Jumlah Reng = Jumlah Kanal C x Jarak pemasangan Reng
53 x 1,2 = 63,6 (dibutuhkan sekitar 64 batang Reng)

 

Itulah cara menghitung kebutuhan baja ringan untuk pemasangan rangka baja ringan rumah minimalis dengan type 36. Nah, jika Sobat Builders sudah mengetahui berapa banyak jumlah kebutuhan Kanal C dan Reng yang dibutuhkan, untuk dapat menghitung estimasi biayanya, Sobat Builders bisa dengan mudah menggunakan kalkulator baja ringan  BlueScope Zacs®️.

 

Setelah menghitung kebutuhan rangka baja ringan dan estimasi budget yang diperlukan, hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah pemilihan tukang baja ringan. Ini karena diperlukan teknik pemasangan khusus untuk material baja ringan yang hanya bisa dilakukan oleh tukang baja ringan yang ahli agar atap tetap kuat dan kokoh untuk pamakaian jangka panjang.

 

Sobat Builders tidak perlu khawatir dalam pemilihan tukang, BlueScope Zacs®️ dapat merekomendasikan tukang baja ringan  yang berpengalaman untuk mewujudkan rumah minimalis kokoh yang Sobat Builders impikan.

 

Tagging:
Cara hitung kuda-kuda baja ringan 
Biaya pasang rangka atap baja ringan 
Rumus kuda-kuda baja ringan atap limas 



User Profile Picture