SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Putri
Terakhir diperbaharui: 02 Dec 2021
Share:
  • Klik untuk salin

Hal Penting Agar Rangka Atap Baja Ringan Tetap Kokoh!

Kekuatan baja ringan menahan beban akan menjadi maksimal jika pemilihan material baja ringan tepat dan pemasangan rangka atap baja ringan dilakukan dengan cermat.

 

Rangka Baja Ringan BlueScope Zacs®

 

Kesalahan umum dalam pemasangan atap baja ringan

  1. Perhitungan kebutuhan material yang tidak sesuai dengan luas atapdan model atap yang ingin dibangun. Jika perhitungan tidak sesuai maka tidak menutup kemungkinan sesuatu yang buruk akan terjadi, misalnya proses pembangunan terhenti karena kurangnya material serta dana yang dibutuhkan dalam membangun rangka atap baja ringan atau lebih parah lagi struktur atap yang dibangun goyang dan mudah rubuh saat terkena angin atau hujan.

 

Anggaran Biaya Pemasangan Baja Ringan

 

2. Menggunakan spesifikasi penutup atapdan baja ringan yang tidak sesuai misal ketebalan baja ringan yang terlalu tipis sehingga membuat kekuatan baja ringan sebagai penopang beban menjadi lemah dan resiko rubuh sangat tinggi. Dalam memilih penutup atap harus disesuaikan dengan rangka baja ringan. Genteng metal merupakan penutup atap yang ideal jika menggunakan rangka baja ringan. Hal itu disebabkan karena genteng metal memiliki beban yang lebih ringan jika dibandingkan dengan genteng keramik atau tanah liat.

 

3. Tidak teliti dalam pemasangan rangka atap baja ringanseperti tidak memerhatikan jarak antar kuda kuda baja ringan. Terlalu jauh jarak kuda kuda baja ringan dapat membuat struktur kuda kuda menjadi lemah, namun terlalu dekat jarak kuda kuda dapat membuat biaya menjadi membengkak.

 

 

Hal-hal yang harus diperhatikan agar rangka atap baja ringan tetap kokoh:

1. Menghitung luas atap dan kebutuhan material dengan tepat. Pentingnya mengetahui luas atap dan kebutuhan material yaitu untuk membuat anggaran biaya selama proses pembangunan rangka atap baja ringan. Adapun rincian biaya dalam hal ini yaitu meliputi harga baja ringan hingga harga pemasangan baja ringan. Untuk mempermudah perhitungan biaya pemasangan baja ringan, Sobat Builders dapat menggunakan kalkulator BlueScope Zacs®️.

 

2. Pemilihan material harus cermat. Dengan mengingat bahwa rangka atapmerupakan hal yang krusial dalam pembangunan rumah, maka wajib untuk menggunakan kualitas terbaik produk rangka atap baja ringan.

 

Rangka Atap Baja Ringan BlueScope Zacs®

 

3. Penyimpanan dan penanganan baja ringansebelum dan saat pemasangan. Dalam menjaga kualitas baja ringan, maka harus mengetahui cara penyimpanan serta pemasangan baja ringan dengan tepat. Misalnya, menghindari baja ringan bersentuhan dengan semen atau tanah atau dengan zat kimia lainnya yang dapat memicu karat.

 

4. Pemilihan tukang baja ringan yang kompeten. Selain menggunakan produk baja ringan yang berkualitas, pemilihan tukang baja ringan juga merupakan hal yang penting dalam proses pembangunan. Semakin berkompeten tukang baja ringan, maka semakin baik hasil yang akan didapatkan.

 

5. Perhatikan kesesuaian jarak kuda kuda baja Pentingnya memerhatikan jarak kuda kuda baja ringanagar rangka bangunan dapat berdiri dengan kokoh dan tidak memberatkan baja ringan lainnya. Jika pemasangan kuda kuda baja ringan tidak sesuai, maka tidak menutup kemungkinan terjadinya kerusakan atap baja ringan dalam waktu yang singkat.

 

Jika Sobat Builders menginginkan rumah modern berdiri kokoh dalam jangka waktu yang panjang, maka perlu memerhatikan hal-hal penting dalam pemasangan rangka baja ringan. Dalam hal ini, BlueScope Zacs®️ hadir untuk membantu Sobat Builders dalam memilih produk yang berkualitas seperti rangka baja ringan, atap baja ringan, kanopi baja ringan, hingga interior baja ringan. Selain itu, BlueScope Zacs®️ juga menawarkan garansi resmi  perlindungan karat selama 10 tahun dan perlindungan warna selama 5 tahun.

 

 



User Profile Picture