SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Tiara
Terakhir diperbaharui: 11 Aug 2022
Share:
  • Klik untuk salin

Hitung Anggaran Membuat Kanopi Minimalis Anti Over Budget

Kanopi kini menjadi hal penting sebagai pelengkap hunian. Banyak hunian yang memakai kanopi di teras, garasi, bahkan di bagian dalam rumah. Kanopi rumah secara tradisional dikenal sebagai atap pelindung bangunan. Dan biasanya memiliki dua ujung terbuka dengan berbagai macam bentuk.

Selain bentuk dan motif yang unik, kanopi minimalis juga memiliki beragam fungsi, diantaranya :

  1. Melindungi Dari Cuaca
  2. Sebagai Dekorasi
  3. Fungsi Tambahan Pada Bagian Luar Rumah
  4. Menangkal Bias Cahaya
  5. Memperkuat Desain Rumah

Kanopi minimalis

Kanopi Minimalis

 

Cara Menghitung Anggaran Membuat Kanopi Minimalis

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menghitung anggaran membuat kanopi minimalis :

  1. Sesuaikan Dengan Budget
    Tentukan ukuran kanopi yang akan dibuat dan perkirakan material apa yang digunakan sesuai dengan budget yang dimiliki. Sobat Builders bisa survey harga berbagai macam material. Namun ada tiga point penting dalam pemilihan material pembuatan kanopi minimalis yakni fungsi, kualitas dan harga. Pilihlah material dengan fungsi dan kualitas terbaik.

    Gunakan material baja ringan dan genteng metal dari BlueScope Zacs® yang sudah terjamin kualitas dan ketahanannya serta harganya yang terjangkau untuk ketahanan jangka panjang.

  2. Lakukan Perhitungan Biaya

    Tidak hanya biaya material yang harus diperhatikan, tetapi Sobat Builders harus menghitung juga untuk anggaran lainnya seperti biaya jasa tukang dan hitung estimasi waktu pengerjaan. Karena waktu pengerjaan mempengaruhi besar atau kecilnya budget yang akan Sobat Builders keluarkan.

  3. Contoh Hitung Biaya Pembuatan Kanopi Minimalis

    Biasanya, biaya pembuatan kanopi disesuaikan dengan area yang dibutuhkan. Sebelum menghitung estimasi biaya, Sobat Builders harus menghitung berapa banyak kebutuhan material yang dibutuhkan.

 

Menghitung Luas Rangka Atap

 

Dalam menghitung luas rangka atap, Sobat Builders harus mengetahui ukuran Panjang dan lebar kanopi yang akan dibangun.

Setelah mengetahui ukuran bangunan, Sobat Builders bisa menggunakan rumus di bawah ini:

Volume = (Panjang Bangunan + Overstek Genteng) x (Lebar bangunan + Overstek Genteng) / Derajat Kemiringan Atap Genteng (Cos Derajat)

Misalnya Sobat Builders memasang rangka atap baja dengan ukuran luas bangunan 1,5 x 3 m, overstek genteng setiap sisi 1,5 m, kemiringan atap 35 derajat, maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

 

Panjang total rangka baja ringan = 1,5 + 1,5 + 1,5 = 4,5 meter

Lebar total rangka baja ringan = 3 + 1,5 + 1,5 = 6 meter

Derajat kemiringan = Cos 35 derajat setara dengan 0,819

Lalu didapatkan volume 6 x  4,5 / 0,819 = 33 meter persegi.

 

Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Metal

 

Untuk menghitung panjang kebutuhan genteng metal maupun spandek, bisa dihitung menggunakan rumus = ((Lebar kanopi /0,68) x ((panjang kanopi / cos 35)+1)).

 

Perhitungannya menjadi ((6/0,68) x (( 4,5/0,819)+1)) = 58 meter.

 

Jika sudah menghitung berapa banyak material yang dibutuhkan, Sobat Builders bisa menghitung estimasi biaya baja ringan dan genteng metal melalui kalkulator baja ringan BlueScope Zacs®

Itulah cara menghitung anggaran pembuatan kanopi minimalis. Sebelum membuat kanopi minimalis, Sobat Builders harus menghitung anggarannya dengan matang agar tidak melebihi dari budget yang dimiliki.

Sobat Builders bisa menggunakan material baja ringan dari BlueScope Zacs® karena terdapat garansi resmi perlindungan karat selama 10 tahun dan garansi perlindungan warna selama 5 tahun. BlueScope Zacs® juga menyediakan jasa tukang baja ringan yang kompeten agar pemasangan kanopi minimalis menjadi lebih maksimal.

 



User Profile Picture