SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Tiara
Terakhir diperbaharui: 22 Feb 2024
Share:
  • Klik untuk salin

Inspirasi Rooftop Konsep Minimalis yang Kekinian

Rooftop atau atap pada bagian atas rumah yang berbentuk datar beberapa tahun kebelakang ini memang sedang populer. Biasanya Rooftop ditemukan pada hunian dengan gaya minimalis yang saat ini mulai banyak dirancang secara mendetail. Rooftop yang biasanya digunakan untuk bersantai dan berkumpul dengan keluarga.

Rooftop Industrial

Rooftop Industrial

Sumber: Pinhome.id

Kepopuleran rooftop tidak hanya untuk sebuah rumah atau gedung, namun kini juga marak digunakan di sebuah café dan restoran yang kekinian. Terlepas dari estetika dan kesan modernnya, rooftop mampu digunakan untuk memaksimalkan ruangan pada bangunan dengan keterbatasan lahan.

 

Fungsi Rooftop

 

Rooftop memiliki beberapa fungsi yang menguntungkan bagi pemilik bangunan, diantaranya:

 

  1. Menambah estetika bangunan

Rooftop memiliki banyak jenis dan model yang akan menambah estetika bangunan. Rooftop bisa dibangun sesuai dengan konsep yang diinginkan, penambahan furniture dan dekorasi yang sesuai dengan konsep akan menambah kesan unik pada sebuah bangunan. Maka dari itu tak jarang sebuah café atau restoran memaksimalkan fungsi rooftop untuk membuat pelanggan tertarik untuk datang.

 

  1. Memaksimalkan fungsi ruang

Rooftop mampu memaksimalkan fungsi ruang pada bangunan, terutama pada bangunan-bangunan yang memiliki keterbatasan lahan. Misalnya dalam sebuah rumah dengan ruangan dan lahan yang sempit, rooftop bisa dimaksimalkan menjadi tempat bersantai, menjemur pakaian, hingga menyalurkan hobi seperti berkebun. Sobat Builders bisa membuat rooftop dengan konsep garden yang dipenuhi area hijau. Selain bisa untuk menyalurkan hobi, hal tersebut juga bisa menambah kesejukan udara lho karena dipenuhi tanaman hijau.

 

Sama halnya untuk café ataupun coffeeshop kekinian yang memaksimalkan fungsi rooftop untuk ruang tambahan pengunjung yang estetik.

 

  1. Tempat untuk berkumpul dan mengobrol

Rooftop yang dibangun dengan dekorasi yang nyaman akan membuat betah siapapun yang berada di tempat tersebut, apalagi jika sedang berkumpul bersama keluarga, teman, maupun kerabat. Hal tersebut sangat cocok untuk café dan restoran yang ingin membuat pelanggan betah dan berkunjung kembali.

 

  1. Bisa menjadi space komersial

Jika Sobat Builders memiliki bangunan atau rumah yang cukup luas dan tinggi ternyata bisa dijadikan space komersial yang menguntungkan lho. Karena letaknya yang tinggi maka akan menyuguhkan pemandangan yang indah. Rooftop pada bangunan Sobat Builders bisa diubah menjadi sebuah café kekinian yang estetik dan pastinya akan menambah keuntungan.

 

Macam-Macam Inspirasi Model Rooftop Minimalis

 

Umumnya rooftop identik dengan lahan yang luas dan pembuatannya yang membutuhkan biaya besar. Ternyata, banyak lho rooftop minimalis dengan konsep kekinian yang mudah Sobat Builders buat di rumah.

 

1. Rooftop IndustrialRooftop Baja Ringan

Sumber: Rumah.com

Konsep rooftop industrial minimalis yang banyak disukai kaum milenial saat ini. Konsep industrial nya yang kekinian ala-ala coffee shop ini cukup memerlukan material yang minimalis dan efisien. Sobat Builders bisa menggunakan baja ringan sebagai interior nya. Baja ringan mampu menambah kesan industrial apalagi jika produk baja ringan tersebut memiliki varian warna-warna yang natural dan trendi seperti baja ringan BlueScope ZacsⓇ

 

Keungulan Baja Ringan untuk Model Rooftop Industrial

 

Tidak hanya menambah kesan estetik, rooftop konsep industrial minimalis dengan baja ringan juga memberikan beberapa keunggulan seperti anti rayap, anti karat, tidak lapuk dan tidak mengalami korosi sehingga rooftop industrial Sobat Builders akan tetap cantik dan awet untuk jangka waktu yang lama. Terutama pada baja ringan BlueScope ZacsⓇ yang sudah bersertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Australia.

Baja ringan BlueScope Zacs juga menghadirkan warna-warna trendi yang terinspirasi dari keindahan alam dengan formula cat membentuk tekstur menyerupai kulit jeruk yang unik pada permukaan baja lapis alumunium seng AZ100. Hal tersebut akan semakin mendukung rooftop dengan konsep industrial minimalis yang Sobat Builders inginkan.

 2. Rooftop Kayu

Rooftop Kayu

Sumber: Rumah.com

Rooftop dengan material kayu bisa menjadi salah satu inspirasi rooftop yang modern dan rustic, material kayu bisa diaplikasikan pada dinding, kursi, hingga lantai rooftop.

3. Rooftop Garden

Rooftop Garden

Sumber: Mustikaland.co.id

Konsep rooftop garden minimalis sangatlah sederhana, karena hanya membutuhkan beberapa jenis tanaman. Pilih jenis tanaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rooftop sehingga tidak membuat ruangan rooftop terlihat sempit dan tetap nyaman. Kemudian, percantik rooftop dengan interior seperti kursi dan meja yang cocok.

 

4. Rooftop Bohemian

Rooftop Bohemian

Sumber: Pinterest

Konsep rooftop bohemian mampu menciptakan suasana yang hangat. Desain rooftop minimalis bohemian hanya memerlukan beberapa dekorasi seperti karpet, kain, dan bantal dengan motif etnik maupun motif tribal, kemudian rooftop bohemian bisa diperlengkap dengan tanaman hijau seperti kaktus.

 

Itulah beberapa inspirasi rooftop minimalis yang kekinian. Bagaimana? Sobat Builders tertarik untuk membuat salah satu rooftop di atas? Pastikan untuk memilih material yang berkualitas ya. Sobat Builders bisa gunakan baja ringan dari BlueScope Zacs sebagai material atap untuk rooftop minimalis kekinian yang ingin dibangun.

 

Tagging:

Warna trendi baja ringan 

Inspirasi interior baja ringan 

Baja ringan berkualitas 



User Profile Picture