SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Tiara
Terakhir diperbaharui: 31 Jan 2023
Share:
  • Klik untuk salin

Kekuatan Struktur Rangka Atap Baja Ringan untuk Rumah Kokoh dan Tahan Lama

Struktur rangka atap merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam pembangunan hunian. Pasalnya, komponen ini sangat diperlukan untuk membuat hunian tetap aman dan berdiri kokoh, terutama pada saat terjadi cuaca ekstrim seperti hujan lebat dan angin kencang.

Rangka atap merupakan struktur yang fungsinya menopang bobot dan tekanan atap, dengan menyalurkan secara merata ke struktur bangunan yang ada di bawah. Maka dari itu, diperlukan material yang kuat dan tahan lama untuk struktur rangka atap seperti rangka atap dari baja ringan.

Rangka atap baja ringan mulai banyak digunakan untuk konstruksi karena bobotnya yang ringan namun memiliki kekuatan yang kokoh serta harga yang terjangkau untuk hunian jangka panjang.

Rangka Atap Baja Ringan

 

Apa Saja Komponen yang Terdapat Pada Struktur Rangka Atap Baja Ringan?

Struktur dalam rangka atap baja ringan memiliki beberapa komponen yang memiliki fungsi berbeda-beda. Berikut beberapa komponen dari struktur rangka atap baja ringan:

 

  1. Kuda-Kuda Baja Ringan

Kuda-kuda baja ringan sangat berperan penting dalam struktur sebuah atap. Pasalnya, kuda-kuda berfungsi sebagai penopang beban atap sekaligus memberikan bentuk pada atap rumah. Untuk mendapatkan kuda-kuda yang kokoh dan aman, perhitungan kuda-kuda baja ringan harus tepat dan harus dikerjakan dengan ahlinya.

 

  1. Murplat/Top Plate

Komponen ini berfungsi untuk dudukan kuda-kuda agar membentuk atap, dan juga membuat sistem kuda-kuda baja ringan menjadi satu kesatuan yang kokoh.

 

  1. Bracing

Bracing adalah pengikat pada struktur baja ringan. Bracing terdiri dari beberapa jenis dengan fungsi yang berbeda-beda, yaitu:

  • Top Chord Bracing, sebagai pengaku batang depan, terletak di atas kuda-kuda yang biasanya sebagai tempat peletakan reng.
  • Bottom Chord Bracing, sebagai batang Tarik, terletak di bawah kuda-kuda yang biasanya dipasang di plafon dan rangka plafon.
  • Diagonal Web Bracing, untuk mendistribusikan beban dan memperkuat kuda-kuda. Bracing jenis ini juga sebagai penghubung antara top chord dan bottom chord kemudian meneruskan gaya dari laterial tie.
  • Laterial Tie, untuk mengurangi panjang web tekanan.

 

  1. Reng

Komponen ini berfungsi sebagai dudukan penutup atap. Pemasangannya melintang di atas top chord dengan jarak tertentu sesuai dengan jenis atap yang digunakan.

 

  1. Nok (Jurai Luar)

Komponen ini merupakan bagian tajam pada atap yang berawal dari garis tiris atap sampai bubungan atau biasa disebut sambungan yang menonjol kearah luar.

 

  1. Talang (Jurai Dalam)

Komponen ini hampir sama fungsi dan letaknya seperti jurai luar, namun merupakan pertemuan dua bidang atap pada sudut bangunan ke dalam. Jurai dalam biasanya diberikan talang sebagai tempat lewatnya air misal saat turun hujan.

 

Kenapa Rangka Atap Baja Ringan Mampu Membuat Hunian Lebih Kokoh dan Tahan Lama?

Meskipun bobotnya yang terbilang ringan, namun kekuatan dan keunggulan baja ringan sebagai rangka atap tidak perlu diragukan lagi. Keunggulan baja ringan sebagai rangka atap, diantaranya:

  1. Baja Ringan Tahan Api
  2. Baja Ringan Anti Karat dan Anti Rayap
  3. Baja Ringan Tahan Cuaca Ekstrem

 

Keunggulan Baja Ringan BlueScope Zacs®

  1. Bersertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Australia

Baja ringan BlueScope Zacs® sudah terbukti kualitasnya karena sudah bersertifikat Standar Nasional Indonesia dan Australia. Terbukti juga selama 100 tahun digunakan di Australia.

  1. Memiliki Garansi Resmi 10 Tahun Ketahanan Karat dan 5 Tahun Ketahanan Warna

Kualitas baja ringan BlueScope Zacs® diperkuat lagi dengan garansi yang dimiliki. BlueScope Zacs® menjamin 10 tahun perlindungan karat dan 5 tahun perlindungan warna.

  1. Memiliki Ketahanan Karat yang Sudah Di Uji

BlueScope Zacs® sudah menguji ketahanan karat dengan cara menggores silang pada permukaan plat kemudian disemprotkan dengan kabut garam terus menerus selama 1000 jam nonstop. Dengan hasil baja ringan BlueScope Zacs® memiliki ketahanan karat yang lebih baik.

 

Cara Hitung Estimasi Biaya Pembuatan Rangka Atap Baja Ringan

Untuk menghitung estimasi biaya pembuatan rangka atap dengan baja ringan, ketahui dulu ukuran lebar dan panjang atap serta sudut kemiringan nya. Kemudian, Sobat Builders bisa dengan mudah menghitung kebutuhan baja ringan serta estimasi biaya nya dengan kalkulator BlueScope Zacs® 

 

Kalkulator BlueScope Zacs®

 

Harga di atas adalah contoh estimasi biaya pembuatan atap baja ringan. Estimasi biaya tersebut merupakan harga rata-rata di Indonesia pada tahun 2022. Harga aktual di tiap daerah dapat berbeda-beda.

 

Itulah beberapa keunggulan yang membuat rangka atap dari material baja ringan bisa membuat hunian lebih kokoh dan tahan lama. Bagaimana? Tertarik menggunakan rangka baja ringan untuk hunian Sobat Builders? Gunakan material baja ringan dari BlueScope Zacs® yang sudah terbukti kualitas dan ketahanan nya serta memiliki sertifikasi resmi SNI dan Australia. Rangka atap baja ringan membuat hunian lebih kuat dan aman untuk keluarga tercinta.

 



User Profile Picture