SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Feby
Terakhir diperbaharui: 10 Aug 2022
Share:
  • Klik untuk salin

Ketahui Kebutuhan Rangka Baja Ringan Untuk Rumah

Penggunaan rangka baja ringan saat ini sudah banyak digunakan untuk konstruksi rumah. Kepopuleran rangka baja ringan menggeser rangka kayu sebagai penopang utama rumah. Dipilihnya rangka baja ringan sebagai penopang rumah, dikarenakan kualitasnya yang sangat baik dan juga beberapa keunggulannya, seperti:

  1. Harga beli rangka baja ringan lebih murah dari rangka kayu di mana dengan spesifikasi Kanal C 7,5cm dan tebal 0,75mm biayanya sekitar Rp. 100.000 s/d Rp150.000 per meter persegi. Sedangkan harga rangka kayu mencapai Rp206.000 per meter persegi.
  2. Perawatan yang hemat biaya karena sudah dilengkapi dengan lapisan anti karat dan tidak akan dimakan rayap.
  3. Mudah dibentuk dan disambung karena material rangka baja ringan mudah dipotong dengan jenis atap lain menggunakan material penghubung.

 

Rangka Baja Ringan

 

Rangka baja ringan memang fleksibel dan dapat diterapkan pada berbagai model atap rumah. Namun perlu diperhatikan jenis bahan atap rumah yang digunakan, ini karena setiap jenis bahan atap memiliki berat yang berbeda dan akan mempengaruhi ketebalan Kanal C yang digunakan.

 

 

Jenis Baja Ringan

 

Jika menggunakan penutup atap jenis genteng metal, asbes, atau atap berbobot ringan dapat menggunakan Kanal C dengan ketebalan 0,75mm. Namun, jika Sobat Builder menggunakan penutup atap berat jenis genteng keramik, genteng tanah liat, hingga genteng beton yang memiliki berat di atas 59kg sebaiknya menggunakan Kanal C berukuran 75x1mm.

 

Cara menghitung kebutuhan rangka atap baja ringan untuk bangunan rumah

Setelah mengetahui jenis bahan atap apa yang akan digunakan sebagai penutup, langkah selanjutnya adalah menghitung kebutuhan rangka baja ringan untuk bangunan rumah. Kebutuhan rangka baja ringan yang dibutuhkan penting diketahui karena akan berpengaruh pada biaya membangun rumah dan biaya material bangunan lainnya.

 

Cara menghitung rangka baja ringan diawali dengan menghitung volume rangka atap baja ringan bisa dihitung melalui rumus:

(Panjang bangunan + overstek (kedua sisi) x (lebar bangunan + overstek (kedua sisi))/cos a (kemiringan sudut atap)

 

Bila dihitung dengan perkiraan bangunan yang ada yaitu:

Suatu rumah memiliki Panjang atap 8 meter dan lebar 10 meter dengan overstek 1 meter di setiap sisinya, rumah tersebut memiliki kemiringan atap 30 derajat maka perhitungannya adalah:

(8 + 1 + 1) x (10 + 1 + 1)/(cos 30°= 0,866) =

10 x 12 / 0,866 = 138 meter persegi dibutuhkan untuk volume rangka baja ringan. Untuk perhitungan biaya, Sobat Builders bisa menggunakan fitur kalkulator seperti video di bawah ini:

Menghitung Kebutuhan Baja Ringan Atap Rumah

 

Apa model atap yang cocok menggunakan rangka baja ringan?

Rangka baja ringan yang memiliki sifat ringan dan mudah dibentuk, membuatnya cocok untuk diterapkan ke berbagai desain atap rumah. Berikut beberapa inspirasi model atap yang cocok untuk digunakan menggunakan rangka baja ringan:

  1. Atap Melengkung

Atap ini biasa dipadukan dengan desain modern klasik, di mana material yang digunakan menggunakan kaca dan baja ringan dengan warna mencolok sehingga menimbulkan kesan unik dan cantik untuk dipandang. Selain keunikannya, desain atap ini juga memiliki keunggulan yang mampu menahan panas dengan penggunaan atap baja ringan sehingga membuat penghuni semakin nyaman.

 

Atap Melengkung

 

  1. Atap Gambrel

Desain atap gambrel lekat dengan ciri khas rumah peternakan. Namun, atap ini juga cocok dengan desain atap minimalis, di mana atap ini memiliki bidang miring yang bersatu tetapi bidang tersebut tidak menutup bagian depan rumah. Keunggulan atap gambrel adalah memilki ketinggian atap yang dapat digunakan untuk membuat ruangan khusus seperti loteng untuk menyimpan barang – barang.

 

 

Atap Gambrel

 

  1. Atap Silikon

Desain atap ini memiliki bentuk fleksibel dan cocok digunakan pada lahan atap yang miring dan tidak membutuhkan ruang untuk pemasangannya. Pada desain ini karena kemiringan yang curam, membuat air hujan mengalir lebih mudah dan tidak mengendap sehingga atap lebih cepat kering.

 

 

Atap Silikon

 

Selain 3 rekomendasi desain atap, rangka baja ringan bisa digunakan untuk macam – macam atap rumah sesuai dengan kebutuhan dan desain rumah yang Sobat Builders inginkan.

 

Memilih Baja Ringan yang Bagus di Pasaran

 

 

Keunggulan Rangka Baja Ringan

 

Penggunaan rangka baja ringan yang kuat tidak hanya dari pemasangannya yang tepat, namun pemilihan merek juga yang terpenting. Rangka baja ringan BlueScope Zacs® Truss merupakan rangka baja ringan berkualitas yang akan menjaga nilai investasi bangunan. Ini karena BlueScope Zacs® Truss merupakan material yang dibuat presisi dengan standard internasional yang diproduksi menggunakan teknologi Australia yang sudah teruji selama 100 tahun. BlueScope Zacs® Truss memiliki garansi resmi dari PT NS BlueScope Indonesia untuk ketahanan karat sampai 10 tahun.



User Profile Picture