SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Tiara
Terakhir diperbaharui: 02 Dec 2022
Share:
  • Klik untuk salin

Atap Baja Ringan, Solusi Rumah Anti Panas dan Pengap

Wilayah Indonesia yang memiliki cuaca tropis, pada saat memasuki musim kemarau membuat udara semakin terasa panas. Tidak hanya di luar ruangan, bahkan dapat terasa hingga dalam rumah yang menyebabkan rumah terasa panas dan pengap.

Rumah panas dan pengap di karenakan rumah kurang memiliki ventilasi. Kurangnya ventilasi memang salah satu penyebabnya, jika rumah kekurangan ventilasi akan membuat masuk dan keluarnya udara menjadi tidak maksimal.

Namun, tahukah Sobat Builders, ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi kondisi rumah yang terasa lebih panas? Untuk itu, jika saat ini Sobat Builders sedang berencana membangun atau merenovasi rumah sebaiknya menghindari beberapa hal berikut agar rumah tidak terasa panas dan pengap.

 

  1. Keliru Memilih Material Atap

 

Atap Baja Ringan

 

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan jenis material atap. Atap yang merupakan penutup utama rumah haruslah terbuat dari bahan yang berkualitas. Sebaiknya hindari penggunaan material atap plastic, asbes, ataupun seng, dan sejenisnya. Ini karena material tersebut membuat hawa ruangan yang berada di bawahnya menjadi lebih panas.

Sobat Builder bisa menggunakan material dari atap baja ringan yang dapat menahan udara panas lebih baik.

 

  1. Plafon Rendah

Hal kedua adalah bangunan plafon atau langit – langit rumah dibuat terlalu rendah. Rendahnya plafon membuat udara tidak dapat mengalir dengan baik karena sedikitnya ruang untuk sirkulasi udara di dalam rumah. Idealnya, tinggi plafon kurang lebih sekitar tiga meter untuk membuat sirkulasi udara bekerja dengan baik.

 

  1. Pemilihan warna cat gelap

Hal selanjutnya yaitu pemilihan warna cat yang digunakan. Baik itu untuk dinding, interior, ataupun atap sekalipun. Sebaiknya menghindari pemilihan warna gelap, ini karena warna gelap memiliki sifat menyerap panas lebih tinggi ketimbang warna terang.

 

 

Atap Baja Ringan untuk Solusi Mengatasi Rumah yang Panas dan Pengap

Untuk mengatasi hal ini Sobat Builders bisa menggunakan material baja ringan BlueScope Zacs® Cool. Material baja ringan terbaik yang dapat diaplikasikan untuk penggunaan atap dan dinding rumah.

BlueScope Zacs® Cool memiliki teknologi yang bisa menyerap udara panas dengan baik dan dapat menghemat listrik hingga 8%. Dari keunggulan yang dimiliki BlueScope Zacs® Cool tentunya ini akan membuat udara di rumah menjadi lebih sejuk dan pastinya jadi hemat listrik.

Untuk rumah atau bangunan yang terkena paparan sinar matahari langsung terus menerus pada umumnya akan mengalami pemudaran warna. Namun, jika menggunakan BlueScope Zacs® Cool tentunya tidak akan terjadi hal tersebut. Ini karena BlueScope Zacs® memiliki inovasi yang membuat ketahanan warna lebih lama dan mampu memberikan kesejukan untuk rumah.

 

Ini rekomendasi Warna Atap dan Dinding untuk Rumah Aesthetics Nan Sejuk

 

Pilihan Warna Atap dan Dinding Baja Ringan

 

BlueScope Zacs® Cool memiliki lima varian warna trendi yang bisa Sobat Builder cocokan dengan konsep rumah minimalis yang mengedepankan kesederhanaan dan bangunan yang terbentuk sesuai fungsinya dengan tidak berlebihan.

  1. Biru Bromo

Warna ini akan memberikan kesan yang sejuk seperti langit yang jernih untuk rumah minimalis. Warna ini cocok digunakan untuk pengaplikasian pada dinding rumah untuk ruang santai keluarga. Pada saat keluarga berkumpul ruangan akan terasa lapang dan memberikan keceriaan dalam ruangan.

  1. Hijau Borneo

Warna yang menenangkan namun menyegarkan pandangan mata. Warna hijau memberikan kesan natural dan minimalis. Cocok diaplikasikan pada rumah minimalis untuk ruangan yang tidak terlalu luas.

  1. Merah Merapi

Untuk pilihan warna ini akan memberikan kesan semangat dan energi tinggi. Pengaplikasian warna merah Merapi akan memberikan tampilan plafon pada rumah minimalis lebih tinggi dan lapang di dalam ruangan. Merah Merapi cocok digunakan pada ruang bermain anak, ataupun ruang untuk berolahraga.

  1. Coklat Jati

Tampilan warna yang lembut dan hangat akan memberikan kesan yang berbeda dalam ruangan yang ada di rumah minimalis. Warna ini cocok diaplikasikan untuk ruangan istirahat atau ruangan membaca yang akan memberikan ketenangan dalam ruangan.

  1. Merah Carita

Berbeda dengan merah Merapi yang menyala, merah carita cenderung memperlihatkan warna yang elegan dan lembut dalam ruangan. Warna ini bisa diaplikasikan untuk ruang tamu ataupun ruang kerja.

Untuk kenyamanan Sobat Builders dan keluarga pastikan untuk selalu memilih material yang berkualitas. Kualitas material yang baik akan mempengaruhi umur bangunan. Semakin baik kualitas, semakin tahan lama juga bangunan berdiri dengan kokoh tanpa adanya renovasi besar – besaran karena kerusakan yang cukup serius.

Sobat Builders bisa memilih produk rangka baja ringan, atap baja ringan, dinding baja ringan, hingga interior baja ringan dari BlueScope Zacs®. Material baja ringan berkualitas yang memiliki garansi ketahanan warna hingga 5 tahun dan garansi 10 tahun untuk perlindungan karat. BlueScope Zacs® diproduksi dengan teknologi terbaik dari Australia yang menjamin keamanan bangunan untuk Sobat Builders.



User Profile Picture