SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Putri
Terakhir diperbaharui: 02 Dec 2021
Share:
  • Klik untuk salin

Perbedaan Genteng Metal Pasir dan Genteng Metal Spandek

Saat ini, semakin banyak pilihan penutup atap baja ringan. Adapun yang yang telah dikenal luas yaitu penutup atap berupa genteng metal pasir dan genteng metal spandek. Setiap genteng memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, mulai dari segi harga, ketahanan, tekstur, warna, dan lainnya.

 

Genteng Metal Pasir

Genteng Metal Pasir (source: ruangarsitek.id)

 Genteng Metal Spandek BlueScope Zacs®

Genteng Metal Spandek BlueScope Zacs®

 

Genteng metal pasir berbeda dengan genteng metal lainnya karena memiliki lapisan pasir yang dilem diatas permukaan genteng metal. Fungsi lapisan pasir tersebut secara estetika memberikan tekstur pada tampilan permukaan atap dan mempertebal atap. Sedangkan genteng metal spandek tanpa tambahan lapisan pasir sehingga memiliki bobot yang lebih ringan dibanding genteng metal pasir.

 

Apakah genteng metal pasir dan genteng metal spandek sama kuat? Genteng metal pasir umumnya menggunakan baja inti yang tipis agar bobot genteng tetap ringan walau ditambahkan pasir pada permukaannya. Lapisan pelindung karat pada genteng pasir juga seringkali diabaikan. Sedangkan genteng metal spandek dapat dengan mudah kita cek ketebalan baja inti dan lapisan pelindung karatnya dari kode branding yang tertera pada produk. Dari karena itu umumnya genteng metal pasir tidak memiliki garansi ketahanan karat pada produknya sedangkan genteng metal spandek BlueScope Zacs® memiliki garansi 10 tahun ketahanan karat.

 

Atap Metal BlueScope Zacs®

Atap Metal BlueScope Zacs®

 

 Kode Branding Baja Ringan BlueScope Zacs®

Kode Branding Baja Ringan BlueScope Zacs®

 

Bagaimana ketahanan warna genteng metal pasir dan genteng metal spandek?

Cat warna pada genteng metal pasir hanya di permukaan lapisan pasir saja, dari karena itu pasir dan lem yang terpapar sinar matahari dan hujan secara terus menerus akan terkelupas dan warna pun akan hilang. Dari karena itu umumnya genteng metal pasir tidak memiliki garansi ketahanan warna pada produknya sedangkan genteng metal spandek BlueScope Zacs® dengan teknologi cat pada permukaan baja nya memiliki garansi 5 tahun ketahanan warna.

 

Kartu Garansi Produk BlueScope Zacs®

Kartu Garansi Produk BlueScope Zacs®

 

Apakah Genteng Metal Pasir dapat Meredam Suara Bising?

Ketebalan lapisan pasir pada permukaan genteng metal pasir dapat meredam suara bising akibat hujan jika dibandingkan dengan genteng metal spandek. Namun, lapisan pasir yang hanya direkatkan dengan lem pada permukaan baja lapis umumnya hanya mampu bertahan 1 tahun kemudian akan mengelupas dan baja inti akan terekspos sehingga suara bising saat hujan pun akan muncul. Cara mengatasi kebisingan pada genteng metal yang efektif adalah dengan penambahan plafon atau insulasi atap.

 

Apa Perbedaan Genteng Metal Spandek BlueScope Zacs® Natural dan Genteng Metal Pasir?

 

Perbedaan Genteng Metal Pasir dan Genteng Metal Spandek

Perbedaan Genteng Metal Pasir dan Genteng Metal Spandek

 

 

Genteng Metal Pasir Biasa

Genteng Metal Pasir Biasa

 

 

Genteng Metal BlueScope Zacs® Natural

Genteng Metal BlueScope Zacs® Natural

 

Genteng metal spandek BlueScope Zacs® telah terbukti 100 tahun di Australia, Standard Nasional Indonesia (SNI), dan memberikan garansi karat sampai 10 tahun serta garansi warna sampai 5 tahun. Kelebihan lainnya yaitu genteng metal spandek memiliki warna yang lebih variatif dan bentuk yang fleksibel sehingga lebih mudah dibentuk.

 

Selain itu, pemilihan tukang baja ringan juga dapat memengaruhi kualitas produk yang digunakan. Tukang baja ringan BlueScope Zacs® merupakan tukang yang kompeten dalam memasang baja ringan seperti memerhatikan jarak kuda kuda rangka baja ringan, atap baja ringan, kanopi baja ringan, hingga interior baja ringan.



User Profile Picture