SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Latifah
Terakhir diperbaharui: 02 Dec 2021
Share:
  • Klik untuk salin

Rahasia Dibalik Meningkatnya Popularitas Genteng Metal. Apa Saja Keunggulannya?

Hi Sobat Builders!  Dulu atap metal hanya digunakan untuk bangunan industrial namun sekarang sudah banyak genteng rumah modern dan genteng rumah minimalis serta bangunan komersil yang beralih menggunakan genteng metal baja ringan loh. Tidak hanya untuk atap tapi juga untuk dinding, katanya lagi trend industrial looks yang memberikan kesan modern trendy dan minimalis pada tampilan bangunan.

 

Genteng Metal BlueScope Zacs®️ - Hijau BorneoDinding Metal BlueScope Zacs®️ - Merah Merapi  Genteng Metal Hijau Borneo dan Dinding Metal Merah Merapi BlueScope Zacs®️

 

Kira-kira disamping estetika apa keunggulan genteng metal ini ya?

Menurut dari data statistik perindustrian, setiap tahunnya banyak pemilik rumah yang mengganti genteng rumah mereka untuk mencari teknologi atau cara yang lebih ramah lingkungan, hemat energi dengan bahan daur ulang sebanyak 28%, serta tahan lama. Maka dari itu popularitas genteng metal pun meningkat, contohnya genteng metal BlueScope Zacs®️ dengan teknologi COOL terbukti mampu menghemat energi listrik sampai 8% berdasarkan penelitian di Sucofindo, Jakarta Feb 2016.

 Genteng Metal dan Dinding Metal BlueScope Zacs®️ - Silver 

Genteng Metal dan Dinding Metal BlueScope Zacs®️ - Silver 

 

Selain tergolong ramah lingkungan ternyata genteng metal termasuk pilihan atap yang kuat, tahan lama dan terjangkau.

Keunggulan yang membuat genteng ini popular adalah tahan lama dan daya tahannya. Genteng metal baja ringan telah terbukti mampu bertahan sampai 30 tahun tergantung pada bahan metal yang dipilih. Genteng ini jauh lebih lama ketahanannya dibandingkan dengan genteng keramik yang hanya berlangsung 10 – 20 tahun dan sangat rentan terhadap tekanan, benturan atau beban berat yang dapat membuat genteng keramik gampang pecah. Seiring bertambahnya usia pemakaian, genteng keramik akan semakin rapuh dan berjamur.

 

Genteng Keramik

Genteng Keramik

 

Genteng metal juga termasuk dalam kategori daftar harga genteng menengah karena masih ramah dikantong dibandingkan dengan harga genteng keramik atau bitumen. Untuk harga yang berlaku adalah harga genteng metal per lembar atau per meter. Bukan per satuan keping seperti harga genteng keramik ataupun genteng tanah liat model kodok.

Genteng Metal BlueScope Zacs®️ - Merah Gaharu

Genteng Metal BlueScope Zacs®️ - Merah Gaharu

 

Genteng metal dari BlueScope Zacs®️ salah satu contohnya, dengan lapisan pelindung karat alumunium zinc 100gr/m2, memiliki garansi resmi dari PT NS BlueScope Indonesia yang menjamin penggunaan mencapai lebih dari 10 tahun. Ketahanan genteng ini diakui lebih unggul dari genteng jenis polycarbonate, seng gelombang dan UPVC yang umumnya hanya mampu bertahan 3-5 tahun.

 

Varian warna yang beragam dan tahan lama

Pilihan varian warna Genteng metal juga  cukup beragam dan tahan lama. Genteng metal BlueScope Zacs®️ contohnya, warna genteng BlueScope Zacs®️ dijamin ketahanan warnanya sampai 5 tahun dengan garansi resmi dari PT NS BlueScope Indonesia. Bagaimana bisa? Karena proses pengecatan dilakukan dengan menggunakan teknologi tinggi atau high technology membuat warna genteng tidak mudah terkelupas. Berbeda dengan genteng pasir yang pengecatannya dilakukan secara manual  yaitu dengan menggunakan lem, pasir dan pemanas biasa sehingga akan lebih cepat  mengelupas, pudar dan berjamur karena panas dan hujan.

Total varian warna BlueScope Zacs®️ ada 10 warna, yaitu:

 Warna Genteng Metal BlueScope Zacs®️ - Natural

Warna Genteng Metal BlueScope Zacs®️ - Natural

Warna Dinding Metal BlueScope Zacs®️ - Cool

Warna Dinding Metal BlueScope Zacs®️ - Cool

 

Dikenal sebagai Genteng Anti Gempa yang Menjadi Rekomendasi untuk Bangunan Tahan Gempa

Ilustrasi Genteng Metal

Ilustrasi Genteng Metal

 

Genteng metal memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan genteng keramik, karena bentuknya yang berupa lembaran. Rata-rata memiliki luas 1 meter persegi hanya memiliki berat ±2.6 kg. Dibandingkan genteng keramik yang beratnya bisa mencapai kurang lebih 45 kg dengan luas yang sama. Berat yang relative lebih ringan ini membuat beban struktur bangunan lebih ringan sehingga saat terkena guncangan gempa, struktur mampu menahan dan dapat meredam suara bising. Cara pasang genteng metal dengan sistem baut juga membuat struktur dan mampu menyesuaikan (tidak kaku) dengan pergerakan yang terjadi karena gempa, resiko ambruk atau bergeser jauh lebih kecil, sehingga dikenal sebagai genteng anti gempa.

Ringan bukan berarti tidak kuat, kekuatannya juga tidak kalah dari genteng keramik ketika diterjang oleh angin kencang dan hujan deras sekalipun, selama pemasangan dilakukan oleh ahlinya serta menggunakan struktur dan sistem baut yang tepat, genteng metal akan kokoh bertahan memberikan perlindungan dan rasa aman bagi penghuni di dalam rumah. Material juga tidak mudah terbakar jika terjadi kebakaran ringan, karena tergolong material logam yang tidak mudah terbakar.

 

Pemasangan Genteng Metal Lebih Cepat, Mudah dan Menjadi Genteng Anti Bocor

Tukang Baja Ringan BlueScope Zacs®️

Tukang Baja Ringan BlueScope Zacs®️

 

Cara pasang genteng metal yang membutuhkan waktu ± 1 – 3 hari kerja (tergantung luas atap) membuat pemasangannya dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Untuk ukuran genteng metal 70 – 100cm yang berbentuk lembaran panjang, cukup disambungkan dengan skrup atau baut. Hal ini dapat meminimalisir resiko bocor yang sangat kecil. Maka dari itu genteng metal dikenal sebagai genteng anti bocor genteng anti karat. Berbeda dengan pemasangan genteng keramik yang harus disusun saling bertindih (overlapping) per kepingnya dibutuhkan ketelitian, kerapihan dan pastinya akan memakan waktu yang lama, estimasi ±14-24 hari kerja (tergantung luas atap). Resiko atap rumah bocor saat hujan sangat tinggi terjadi pada sambungan genteng keramik apabila pemasangan kurang rapih dan teliti.

 

Genteng Metal dapat Digunakan Semua Jenis Bangunan

Beragam Jenis Arsitektur

Beragam Jenis Arsitektur

 

Genteng metal dapat diaplikasikan untuk beragam jenis bangunan, seperti perumahan, industri, bangunan komersial, stadium, gudang atau peternakan sekalipun.  Karena bentuknya yang lembaran dan cukup lentur namun kuat sehingga cocok untuk bangunan bentang lebar sekalipun.

 

Keunggulan genteng metal ternyata selain memberikan estetika, fungsi perlindungan juga efisiensi untuk penggunanya.

Maka dari itu kenapa sekarang material ini menjadi pilihan banyak orang. Keunggulan yang tidak hanya memberikan tambahan estetik pada bangunan tapi juga tahan lama, mudah, dan cepat membuat banyak yang beralih ke genteng metal.

Memang genteng metal memiliki daya tahan yang tinggi, tapi itu tergantung dari bahan metal yang Anda pilih. Karena pemilihan bahan metal itu sangat penting untuk menjaga ketahanan atap rumah anda.

 

Bahan genteng metal apa yang aman dan baik untuk atap rumah Sobat Builders?

 Genteng Metal BlueScope Zacs®️ - Biru Bromo

Genteng Metal BlueScope Zacs®️ - Biru Bromo

 

Bahan metal yang harus dipilih oleh Sobat Builders adalah genteng metal yang memiliki kualitas dan bergaransi resmi. Hal itu menjamin bahwa genteng tersebut aman dan memiliki ketahanan yang baik dalam melindungi rumah Anda. Anda dapat mencarinya di BlueScope Zacs®️ yang bergaransi resmi, memiliki ketahan warna atap rumah, dan material atapnya terbukti mampu meredam panas sehingga lebih dingin dibandingkan dengan atap metal biasa. PT NS BlueScope Indonesia juga memberikan jaminan 5 tahun garansi untuk ketahanan warna atap rumah Anda dan 10 tahun garansi perlindungan karat*.

Sudah tahukan keunggulan genteng metal apa saja? Percayakan saja kepada BlueScope Zacs®️

*Syarat Dan Ketentuan Berlaku



User Profile Picture