SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Tiara
Terakhir diperbaharui: 18 Jun 2024
Share:
  • Klik untuk salin

Tips dan Cara Memotong Baja Ringan dengan Benar

Saat ini material baja ringan kian banyak digunakan untuk konstruksi karena ketahanannya yang kokoh dan kuat untuk jangka waktu panjang. Bobotnya juga ringan sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk pengerjaannya.

Baja Ringan

 

Terlepas dari ketahanan dan kekokohan materialnya, cara pemotongan baja ringan juga sangat penting untuk diperhatikan, ini karena jika pemotongannya tidak benar maka akan menimbulkan masalah seperti risiko karat yang meningkat.

 

Lantas, apa alat yang bagus digunakan untuk memotong baja ringan dengan benar?

 Gerinda

 

  1. Gunting baja ringan

Gunting baja ringan merupakan salah satu alat yang digunakan dalam pemotongan baja ringan. Karena kemudahannya untuk dibawa, alat ini  biasa digunakan oleh aplikator dan pekerja konstruksi lainnya. Selain itu, gunting baja ringan juga memiliki beberapa kelebihan lain diantaranya:

 

  • Tidak menimbulkan suara bising dan tidak menciptakan debu saat digunakan
  • Dapat menghindari risiko terjadi karat pada baja ringan, terutama pada titik-titik pemotongan
  • Dapat meminimalisir sisa bahan yang terbuang
  • Memiliki harga yang terjangkau

 

Meskipun memiliki banyak kelebihan, alat potong ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti dibutuhkan tenaga yang lebih saat menggunakannya dan kurang efisien karena menggunakan lebih banyak waktu dan tenaga pada pengerjaan konstruksi besar.

 

  1. Gerinda

Gerinda juga termasuk alat pemotong baja ringan yang banyak digunakan oleh kalangan aplikator baja ringan dan pekerja konstruksi. Ini karena gerinda membuat pemotongan menjadi lebih cepat, rapih, dan tidak membutuhkan tenaga yang besar. Harganya juga terbilang cukup terjangkau untuk pengerjaan yang lebih cepat dan praktis.

 

Namun dibalik kelebihannya tersebut, gerinda juga memiliki beberapa kekurangan seperti:

 

  • Menghasilkan suara bising saat proses pemotongan
  • Sisa bahan yang terbuang cukup banyak yaitu sekitar 1 mm dalam sekali proses pemotongan
  • Menimbulkan risiko karat yang membuat berkurangnya keawetan baja ringan

 

Langkah-Langkah Memotong Baja Ringan dengan Benar

 

Dalam proses pemotongan baja ringan, Sobat Builders harus berhati-hati saat memotongnya agar hasil pemotongannya menjadi maksimal. Berikut langkah-langkah memotong baja ringan dengan benar:

 

  1. Langkah awal yang harus dikerjakan adalah mencari tempat yang luas. Karena tempat kerja yang luas akan memudahkan proses pemotongan dan peletakkan baja ringan.
  2. Utamakan keselamatan kerja, usahakan untuk menggunakan alat kerja seperti sarung tangan, masker, dan kacamata pelindung
  3. Kemudian, pasang mata gerinda tepat pada posisi di mesin gerinda yang akan digunakan lalu cek kembali apakah posisi mata pisau sudah dipasang dengan benar.
  4. Ukur baja ringan yang akan dipotong, kemudian buat garis pembatas menggunakan spidol pada titik yang akan dipotong.
  5. Selanjutnya hidupkan mesin gerinda lalu arahkan mata gerinda pada baja ringan yang hendak dipotong, dorong mata gerinda secara pelan sampai baja ringan terpotong. Hati-hati karena proses tersebut akan mengeluarkan percikan bunga api
  6. Terakhir, jangan lupa mematikan mesin gerinda dan mencabut kabel pada stop kontak.

 

Hal yang Harus Dihindari Saat Memotong Baja Ringan

 

  1. Tergores alat kerja

Saat memotong baja ringan, hal pertama yang harus dihindari adalah tergores nya baja ringan dengan alat kerja. Berhati-hatilah saat membongkar muatan baja ringan yang akan dipotong guna meminimalisir goresan yang akan membuat rusaknya coating.

 

  1. Terkena air semen

Jauhkan baja ringan yang akan dipotong dari semen karena akan menimbulkan karat. Jika baja ringan terlanjur terkena adonan semen maka yang harus dilakukan adalah diamkan saja dan jangan mengelupas semen yang sudah kering karena lapisan coating pada baja ringan akan ikut mengelupas sehingga dapat menimbulkan karat.

 

  1. Terkena larutan asam

Larutan asam yang terkena baja ringan akan membuat coating baja ringan terkelupas dan terjadi proses oksidasi yang dapat mempermudah baja ringan berkarat.

 

  1. Genangan Air

Jauhkan genangan air saat memotong baja ringan karena genangan air dapat menggerus daya tahan coating pada baja ringan.

Apapun alat potong yang digunakan dan meskipun sudah mengikuti langkah-langkahnya dengan benar, tidak menutup kemungkinan baja ringan akan tetap berisiko terkena karat jika material baja ringan yang digunakan tidak berkualitas. Pilihlah baja ringan dari BlueScope Zacs® yang sudah memiliki lapisan anti karat sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Baja ringan BlueScope Zacs® juga sudah melakukan uji ketahanan karat dengan menyemprotkan cairan kabut garam pada permukaan plat selama 1000 jam nonstop dan hasilnya baja ringan BlueScope Zacs® lebih tahan karat dibanding merek lainnya.

 

Itulah tips dan cara memotong baja ringan dengan baik dan benar. Meskipun mudah dilakukan di rumah, tetapi Sobat Builders harus tetap berhati-hati ya saat menggunakan alat untuk memotong baja ringan. Namun, jika Sobat Builders tidak memiliki keahlian khusus dan alat khusus untuk memotong baja ringan, BlueScope Zacs® menyediakan jasa tukang untuk pemotongan baja ringan yang kompeten dan berpengalaman pada bidangnya.

 

Tagging:

Baja ringan 

Baja ringan SNI 

Ketahanan karat baja ringan



User Profile Picture