SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Keany
Terakhir diperbaharui: 21 Oct 2020
Share:
  • Klik untuk salin

Mengadaptasi Desain Rumah Modern Minimalis Yang Ekonomis

 

Dilansir dari situs komunitas arsitek di Indonesia, arsitektur  muncul karena adanya kemajuan dalam bidang teknologi yang membuat manusia cenderung memilih sesuatu yang ekonomis, praktis, dan sederhana. Hal itu ditandai dengan pertengahan abad ke-20, karakteristik yang dimiliki arsitektur modern ini pada dasarnya menolak gaya lama (arsitektur tradisional) dan menyederhanakan bangunan sehingga detail dekoratif menjadi tidak perlu.

 

Pada bangunan arsitektur modern lebih fokus pada konsep bentuk, ruang, fungsi, dan konstruksi. Konsep bentuk ditunjukkan dengan bentuk-bentuk geometri yang menggunakan konstruksi beton bertulang, baja, dan bahan-bahan bangunan yang ringan. Konsep ruang rumah minimalis oleh arsitektur moderen identik bersifat kubisme. Selain itu, konsep ruang haruslah bersifat efisien dan fleksibel.

 

Rumah ModernRumah Modern

 

Kombinasi bentuk, ruang, dan konstruksi itulah yang pada akhirnya mewujudkan fungsi rumah untuk manusia masa kini. Dimana fungsi rumah dianalogikan sebagai mesin untuk tempat tinggal yang ekonomis, mudah digunakan, dan mudah dalam hal perawatan.

 

Apakah Sobat Builders berencana membangun hunian futuristik yang memikat hati? Karena tren rumah moderen tidak akan lekang oleh zaman. Desain modern sampai sekarang masih menjadi primadona dalam membangun rumah.

 

Nah, apabila Sobat Builders sedang mencari inspirasi desain rumah modern minimalis, serta karakteristik apa saja yang perlu dilengkapi untuk membangun hunian tersebut, berikut karakteristik rumah modern minimalis yang bisa Sobat Builders adaptasi di tahun 2020 ini.

 

Karakteristik Rumah Modern Minimalis di tahun 2020

 

Desain modern tidak memerlukan lahan yang luas. Denah, atau tata letak rumah modern minimalis umumnya sederhana, fleksibel dan lebih hemat di kantong Sobat Builders.

 

Berikut tips dalam mengadaptasi desain rumah modern yang keren dan ekonomis.

 

  1. Material Natural

Membawa suasana alam ke dalam rumah merupakan hal yang selalu diupayakan orang-orang sejak lama. Suasana alam diyakini memiliki daya tarik tersendiri. Selain itu, suasana natural di klaim mampu memberikan rasa tenang, damai dan kesejukan di dalam ruang.

Rumah Modern Dengan Sentuhan AlamRumah Modern Dengan Sentuhan Alam

 

Dunia design interior mengenal istilah transterior, echo desain, dan juga rustic yang membawa elemen alam selain itu Sobat Builders bisa menghadirkan langsung elemen alam pada desain rumah dengan menanam beberapa jenis pohon. Seiring dengan perkembangan jaman, bahan baja ringan juga dipilih untuk memberikan sentuhan alam yang modern. BlueScope ZacsTM hadir memberikan kenyamanan yang ditawarkan dari atap baja atau atap metal dengan tekstur kulit jeruk dan tentu daya tahan yang lebih baik terhadap karat karena memiliki lapisan paduan Alumunium Zinc (AZ100) yang tidak perlu diragukan lagi.

 

2. Material Sederhana

Dalam rumah modern minimalis, desain digunakan untuk menyampaikan pesan kesederhanaan. Bentuk-bentuk dasar geometeris, tidak adanya banyak hiasan, penggunaan bahan-bahan yang sederhana serta pengulangan struktur merupakan ciri khas dari hunian modern. Desain ini mencari esensi kesederhanaan dengan menemukan kembali kualitas berharga dalam bahan yang sederhana dan umum.

Material Sederhana Pada Rumah Modern MinimalisMaterial Sederhana Pada Rumah Modern Minimalis

 

Istilah “Less is More” merupakan istilah yang dipopulerkan para tokoh arsitektur modern yang mengacu pada pendekatan minimalis pada bangunan. Tidak ada penggunaan ornamen atau elemen bangunan lainnya yang berlebihan. Selain desain menjadi lebih simpel, Sobat Builders juga bisa menghemat kantong karena tidak perlu membeli barang-barang yang tidak memiliki fungsi, karena desain rumah modern terbentuk berdasarkan fungsi sekaligus estetika secara bersamaan pada setiap elemen. Sangat cocok disandingkan dengan atap & dinding baja ringan BlueScope ZacsTM , karena kesederhanaan desain dan warna untuk penutup atap maupun dinding membuat desain modern minimalis hunian Sobat Builders akan sangat menonjol dan unik.

 

3. Fokus Pada Fungsi

Rumah modern memiliki denah atau tata letak rumah yang sederhana, namun efisien. Furnitur yang digunakan juga sangat sederhana dan sesuai fungsinya. Misalnya untuk ruang keluarga hanya ada sofa, meja tamu, dan mungkin sebuah rak pajangan untuk melengkapinya. Ruangan pun didekorasi dengan sederhana dan tidak rumit dengan banyaknya dekorasi, karena arsitektur modern selalu mengutamakan fungsi.

 

Minimnya furnitur yang digunakan membuat ruangan terlihat lebih luasHal ini membuat kebanyakan orang yang tinggal di perkotaan dengan lahan sempit lebih menyukai gaya desain yang satu ini.

 

Interior Rumah SederhanaInterior Rumah Sederhana

 

4. Ruang Terbuka dan Dipenuhi Cahaya

Hampir tiap ruangan di dalam arsitektur modern biasanya tidak dilengkapi dengan dinding pembatas. Misalnya saja antara dapur dan ruang makan, atau antara ruang makan dan ruang keluarga. Pembatas atau sekat ruangan biasanya hanya digunakan untuk ruang-ruang yang sifatnya pribadi seperti misalnya kamar tidur dan kamar mandi. Minimnya sekat membuat bagian dalam rumah akan terlihat lebih luas, nyaman, dan juga lebih terang.

 

Selain itu desain rumah modern minimalis dengan rancangan terbuka antara ruang tamu dan dapur bisa menjadi ide yang sangat bagus. Jenis rancangan ini membuat cahaya melimpah masuk mengisi ruangan tersebut. Dinding warna terang seperti putih memberi detail yang bersih dengan desain modern, ruangan rapi serta palet berwarna netral ditambah dengan sedikit percikan warna berbeda akan memberikan daya tarik yang nyaman dan segar.

 

Ruangan Terbuka dan Kaya CahayaRuangan Terbuka dan Kaya Cahaya

5. Harga Ekonomis

Ketersediaan dana menjadi masalah utama ketika ingin membangun rumah. Harga tanah dan bangunan yang semakin mahal membuat rumah menjadi kebutuhan dasar yang semakin sulit dijangkau. Namun hal tersebut bisa diatas dengan meminimalisir furnitur atau ornamen atau material yang digunakan ketika membangun atau merenovasi rumah.

 

Dari beberapa poin diatas sudah dijelaskan desain dan fungsi yang jelas dari rumah modern. Sehingga Sobat Builders tidak perlu takut dalam masalah dana, karena jika bisa mengatur dan memilih sistem struktur, bahan material konstruksi serta memilih material yang paling efektif dan efisien, sangat bisa menghemat anggaran.

 

Menghemat Anggaran Menghemat Anggaran

 

BlueScope ZacsTM hadir untuk memberikan solusi bagi Sobat Builders yang ingin membangun rumah atau hanya merenovasi. Penggunaan atap & dinding baja ringan sangatlah menguntungkan, karena pemasangan yang cepat sehingga dapat menghemat biaya penyewaan tukang dan menghemat waktu pengerjaan, material tahan karat dan tahan menghadapi cuaca ekstrem, sehingga bisa melindungi rumahmu dengan maksimal. Ditambah garansi perlindungan karat dari BlueScope ZacsTM  hingga 10 tahun * dan garansi perlindungan warna hingga 5 tahun* meyakinkan Sobat Builders untuk tidak perlu khawatir dengan kualitas baja ringan milik BlueScope ZacsTM  .

 

Itulah karakter khas dari arsitektur modern dan inspirasi kreasi bangunan bergaya arsitektur modern yang dapat menjadi pedoman Sobat Builders ketika ingin membangun rumah atau renovasi rumah dengan mengadaptasi desain modern minimalis.

 

Tertarik mewujudkan rumah bergaya arsitektur modern? Yuk, lengkapi gaya arsitektur modern dengan berbagai pilihan atap dan dinding baja ringan BlueScope ZacsTM untuk menambah keindahan rumah impian dengan kualitas tepercaya.



User Profile Picture