SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Tiara
Terakhir diperbaharui: 03 Mar 2024
Share:
  • Klik untuk salin

Inspirasi Desain Rumah Tropis, Hunian Modern Idaman!

Rumah dengan desain modern tropis menjadi idaman di wilayah Asia Tenggara, apalagi seperti di Indonesia yang memang beriklim tropis. Saat musim kemarau, cuaca di beberapa wilayah Indonesia kerap terasa sangat panas dan terik. Hal tersebut tentu seringkali membuat penghuni rumah terasa “gerah” dan tidak nyaman.

 

Desain Rumah Tropis

Desain ruangan tropis

 

Oleh karena itu, diperlukan desain rumah yang mendukung iklim tropis seperti rumah dengan konsep modern tropis. Lantas, apa saja ciri khas dari rumah dengan konsep modern tropis?

 

Ciri Khas Desain Rumah Modern Tropis

 

Rumah tropis adalah rumah yang didesain untuk mampu bertahan dengan cuaca serta iklim tropis. Setiap detail bangunan desain tropis dirancang agar cahaya matahari dapat keluar masuk dengan leluasa. Berikut beberaa ciri khas konsep rumah modern tropis:

 

  1. Konsep Open Space

Desain rumah modern tropis mengedepankan konsep open space yang dimana banyak pemanfaatan ruangan terbuka agar cahaya matahari dapat masuk dengan maksimal.

 

  1. Banyak Tanaman Tropis

Penggunaan tanamanhias  tropis baik di dalam maupun di luar ruangan akan menambah suasana sejuk dan asri pada rumah dengan desain modern tropis. Misalnya menggunakan tanaman tropis seperti Monstera Deliciosa, Areca Palem, Kaktus, hingga bunga geranium.

 

  1. Plafon Tinggi

Plafon yang tinggi dapat berfungsi sebagai sirkulasi udara di dalam rumah yang membuat rumah menjadi lebih sejuk dan dingin. Plafon yang tinggi sangat cocok dipadukan dengan dinding yang terbuat dari kaca sehingga rumah mendapatkan cahaya alami di siang hari dan mampu menghemat listrik.

 

  1. Penggunaan Dinding Roster

Dinding roster adalah partisi atau penyekat ruang yang memiliki desain unik dengan lubang-lubang yang berfungsi sebagai sirkulasi udara dan tempat cahaya masuk. Dengan menggunakan dinding roster terutama pada eksterior rumah akan lebih mendukung konsep desain modern tropis.

 

  1. Pemanfaatan Ruang Outdoor

Umumnya, rumah dengan desain modern tropis memanfaatkan ruangan outoor secara maksimal seperti membuat mini garden, rooftop, hingga membuat kolam.

 

  1. Pemilihan Material

Pemilihan material sangat penting bagi rumah dengan desain modern tropis. Konsep modern tropis biasanya menggunakan material yang tahan terhadap berbagai cuaca dan material yang bisa membuat rumah lebih sejuk dan nyaman. Misalnya material baja ringan untuk atap rumah dan interior seperti baja ringan BlueScope Zacs®️ Cool.

 

Material baja ringan juga sangat mudah untuk diaplikasikan dan dilepas, jadi ketika digunakan untuk dinding interior akan sangat mudah pemasangannya, kemudian ketika Sobat Builders ingin menganti suasana ruangan, baja ringan dapat dengan mudah dilepas dan ganti dengan warna lainnya. Baja ringan juga tidak membutuhkan perngecatan berkala karena warna memiliki ketahanan warna hingga 5 tahun lebih.

 

Baja ringan BlueScope Zacs®️ Cool  sangat cocok diaplikasikan pada rumah modern tropis karena terdapat berbagai pilihan warna yang mampu menyejukkan rumah serta dibuat dengan teknologi modern yang membuat rumah lebih dingin 6 derajat celcius.

 

Atap Baja Ringan BlueScope Zacs untuk Rumah Modern Tropis

 

Dinding baja ringan BlueScope Zacs®️ Cool

Dinding baja ringan BlueScope Zacs®️ Cool

 

Rumah atau bangunan yang terkena paparan sinar matahari langsung secara terus menerus seperti desain rumah tropis pada umumnya akan mengalami pemudaran warna secara berkala. Inovasi pada BlueScope Zacs®️ Cool menawarkan pilihan warna trendy untuk hunian yang tahan lama, indah setiap saat dan mampu memberikan kesejukan. Selain itu, baja ringan BlueScope Zacs®️ Cool juga memiliki keunggulan lain seperti tahan karat, anti rayap, bergaransi resmi 10 tahun ketahanan karat dan 5 tahun ketahanan warna.

 

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membangun hunian dengan konsep modern tropis. Konsep ini akan membuat nyaman Sobat Builders di dalam rumah walaupun cuaca sedang sangat terik.

 

Gunakan material baja ringan BlueScope Zacs®️ untuk mendukung rumah modern tropis agar lebih sejuk dan terlihat estetik. BlueScope Zacs®️ juga merekomendasikan tukang yang ahli  dibidangnya dan berpengalaman untuk pemasangan baja ringan sehingga atap Sobat Builders akan terpasang dengan benar dan kokoh untuk jangka waktu panjang.

 

Tagging : 
Atap metal bertekstur alami 
Inspirasi gazebo baja ringan 
Inspirasi rooftop minimalis 



User Profile Picture