SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Tiara
Terakhir diperbaharui: 03 Mar 2024
Share:
  • Klik untuk salin

Kesalahan Pemasangan Atap Baja Ringan yang Harus Dihindari

Atap menjadi salah satu elemen yang sangat penting dalam pembentukan sebuah bangunan, adapun jenis konstruksi yang digunakan sangatlah bermacam-macam mulai dari kayu, baja, dan juga baja ringan. Namun, seiring perkembangan teknologi industri konstruksi juga turut melakukan penyesuaian. Banyak bahan material yang lebih efisien yang dapat digunakan seperti, atap baja ringan. Sehingga, pada saat ini tidak heran masyarakat juga telah banyak beralih dari penggunaan material kayu ke Atap Baja Ringan.

rangka atap baja ringan Rangka Atap Baja Ringan 

Atap baja ringan belakangan ini telah populer dikalangan masyarakat, terutama bagi yang ingin melakukan pembangunan dengan konsep modern, minimalis, dan industrial. Pembangunan atap baja ringan sangat perlu diperhatikan mulai dari pemasangan rangka atap nya hingga pemilihan dan pemasangan penutup atapnya.

 

Hal-hal yang Harus Dihindari Ketika Pemasangan Atap Baja Ringan

 

Proses pemasangan atap baja ringan pada sebuah hunian sangat penting untuk diperhatikan sebab dapat berpengaruh besar terhadap ketahanan dan keamanan penghuni rumah. Berikut hal-hal yang harus dihindari ketika pemasangan atap baja ringan:

 

1. Tidak memperhatikan pemasangan reng dan konsep kuda-kuda

 

Kuda-kuda menjadi struktur yang sangat penting dalam pembuatan rangka atap. Kuda-kuda akan berperan sebagai penopang genteng atau penutup atap. Jika pemasangan dan konsep kuda-kuda tidak diperhatikan, maka akan berisiko atap menjadi ambruk atau rubuh. Jarak pemasangan kuda-kuda harus diperhatikan sesuai dengan jenis atap (penutup) yang digunakan, jarak bentangan, dan beban lain yang ditopang. Semakin berat bobot yang ditahan atap, maka seharusnya jarak kuda-kuda nya semakin pendek.

 

2. Ring balk untuk dudukan terlalu miring dan tidak rata

 

Kesalahan lain yang harus diperhatikan adalah ring balk untuk dudukan kuda-kuda rangka atap tidak rata atau terlalu miring. Dalam pemasangannya, posisi kuda-kuda harus menempel langsung/menumpu pada ring balk. Apabila ring balk atau dudukan tersebut tidak rata dan miring maka struktur kuda-kuda akan ikut tidak rata dan menyulitkan dalam pemasangan penutup atap. Selain itu, kekuatan tekan pada baja ringan menjadi kurang seimbang dan akan mempengaruhi keamanan konstruksi.

 

3. Kombinasi rangka atap dan penutup atap tidak sesuai

 

Atap Baja Ringan BlueScope Zacs®️

Atap Baja Ringan BlueScope Zacs®️ Natural Merah Gaharu

Untuk rangka atap baja ringan, sebaiknya gunakan juga atap (penutup) yang ringan dan sesuai supaya bobot yang ditopang rangka atap tidak terlalu berat. Misalnya seperti atap baja ringan atau genteng metal. Material tersebut meskipun ringan, namun memiliki ketahanan dan kekuatan yang kokoh untuk jangka panjang.

 

Sobat Builders bisa menggunakan atap baja ringan dan genteng metal dari BlueScope Zacs®️. Produk baja ringan BlueScope Zacs®️ sudah memiliki sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Australia  serta menyediakan berbagai pilihan warna trendi yang mampu menyesuaikan konsep hunian Sobat Builders.

 

4. Pemasangan tidak hati-hati dan tidak memperhatikan beban

  1. Pada pemasangan atap seringkali material atap tidak sengaja terbentur, hal tersebut akan membuat lapisan anti karat pada rangka baja ringan terkelupas dan jika dibiarkan baja ringan tersebut akan mudah berkarat dan cepat rusak. Oleh karena itu dibutuhkan tukang baja ringan yang berkompeten dan berpengalaman di bidangnya. BlueScope Zacs®️ juga menyediakan jasa tukang baja ringan yang kompeten dan sudah bersertifikasi.

     

5. Kesalahan pemilihan produk baja ringan

  1. Material baja ringan memang banyak dijual dipasaran, namun pemilihan material baja ringan yang akan digunakan untuk konstruksi sebaiknya baja ringan terbaik yang berkualitas, karena hal tersebut akan menyangkut keamanan rumah dan penghuninya.

     

    Gunakan material baja ringan berkualitas dari BlueScope Zacs®️. Baja ringan BlueScope Zacs®️ mengandung empat lapisan superior yang lebih tahan lama dan tahan karat dibanding merk lainnya serta menjamin ketahanan produk dengan garansi resmi 10 tahun ketahanan karat dan 5 tahun ketahanan warna.

     

    Itulah beberapa kesalahan yang harus dihindari dalam pemasangan atap baja ringan. Dengan menghindari kesalahan tersebut, atap baja ringan akan tetap awet dan kokoh sehingga membuat hunian menjadi aman dan nyaman. Jangan lupa, kualitas produk yang dipilih juga harus diperhatikan ya, Sobat Builders. Gunakan produk baja ringan dan genteng metal BlueScope Zacs yang sudah terjamin kualitas dan keamanannya serta memiliki garansi resmi.

    Tagging : Rumus Kuda-Kuda Baja Ringan, Rangka Atap Baja Ringan, Baja Ringan Berkualitas


User Profile Picture