SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Tiara
Terakhir diperbaharui: 03 Mar 2024
Share:
  • Klik untuk salin

Ketahui Macam - Macam Peredam Panas untuk Hunian Sejuk dan Nyaman

Cuaca di Indonesia cenderung panas karena termasuk negara yang beriklim tropis. Oleh karena itu, diperlukan peredam panas untuk hunian terasa nyaman dan tidak pengap. Terlebih jika salah memilih material atap rumah.

 

Atap Rumah

 

Insulasi atap atau yang dikenal sebagai peredam panas merupakan komponen yang biasa ditemukan dalam dunia konstruksi. Namun, sayangnya belum banyak yang mengaplikasikan peredam panas pada hunian padahal, peredam panas sangat efektif untuk menangkal masuknya sinar matahari dan hawa panas dari luar rumah.

 

Macam-Macam Jenis Peredam Panas

 

Saat ini sudah ada peredam panas untuk atap rumah yang bisa membuat udara di dalam rumah lebih sejuk diantaranya:

 

  1. Polyurethane

Polyurethane adalah peredam yang berbentuk cairan busa (foam). Cairan polyurethane dibentuk agak padat sehingga dapat menyerap panas dengan lebih kuat. Bahkan, insulasi atap jenis ini dinilai tahan terhadap segala jenis cuaca dan tidak mudah rusak sehingga sangat cocok untuk segala jenis atap.

 

Cara pengaplikasiannya juga sangat mudah. Cukup semprotkan polyurethane foam pada lapisan luar dari atap rumah Anda. Lalu tunggu beberapa saat sampai cairan akhirnya mengeras.

 

  1. Aluminium Foil

Aluminium foil banyak digunakan untuk keperluan memasak karena sifatnya tahan panas.

Namun, tidak hanya untuk keperluan memasak, aluminium foil juga menjadi salah satu insulasi atap yang banyak digunakan. Insulasi atap ini dapat membantu menjaga kelembapan ruangan. Pemasangannya juga cukup mudah dan tidak memakan terlalu banyak tenaga.

 

  1. Panel Styrofoam

Panel styrofoam menjadi salah satu peredam panas yang tidak kalah bagus. Panel styrofoam ini mampu menyerap panas pada atap. Meski terbuat dari plastik, panel styrofoam bisa menyerap panas dengan optimal. Kelebihan dari material yang satu ini adalah harganya yang relatif terjangkau dan proses pemasangan peredam yang lebih mudah sehingga jauh lebih praktis.

 

  1. Polyester

Material polyester juga bisa digunakan sebagai peredam panas atap rumah  lho! Meski sering digunakan sebagai campuran bahan pakaian atau botol plastik, polyester mampu menyerap panas pada atap rumah Sobat Builders.

 

Polyester mampu menyerap panas berlebihan dan telah banyak digunakan sebagai peredam panas pada gedung-gedung bertingkat, perkantoran, maupun bangunan fasilitas umum lainnya.

 

Langkah-langkah yang Harus Diperhatikan untuk Pemasangan Peredam Panas

 

Pada pemasangannya, terdapat beberapa langkah yang harus diperhatikan dengan benar agar peredam terpasang dan berfungsi dengan baik seperti:

 

  1. Cek suhu padat atap

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah memeriksa suhu dari sumber panas seperti atap seng, beton atau dinding. Catat suhu yang terjadi pada siang hari atau waktu dengan suhu yang sangat panas, misalnya saja pukul 12.00 siang. Dengan memeriksa suhu, maka Sobat Builders dapat memilih peredam panas yang dibutuhkan.

 

  1. Tentukan jenis peredam

Memasang insulasi atap harus dilakukan dengan menyesuaikan material yang dipilih. Sesuaikan material peredam dengan model atap rumah. Sesuaikan jenis peredam yang harus diletakkan sebagai peredam terluar hingga terdalam yang atap sesuai dengan model atap rumah.

 

  1. Proses pemasangan

Hal terakhir adalah proses pemasangan. pastikan sambungan dan kerapatan peredam telah tersambung dan sangat rapat. Semakin rapat dan padat sambungan, maka semakin baik peredam dalam meredam panas. Jangan biarkan ada celah sekecil apapun karena bisa mengakibatkan kebocoran panas.

 

Berikan jarak minimal 3 cm dengan peredam panas dengan sumber panas. Hal ini untuk membuat panas terputus yang dibantu rongga udara sehingga rambatan panas diputus atau bahkan dipantulkan ketika menggunakan peredam.

 

Periksa kembali jika proses pemasangan peredam sudah selesai. Lakukan pengecekan langsung ke media peredam apakah terdapat penurunan suhu yang signifikan antara sebelum dan sesudah pemasangan peredam.

 

Atap BlueScope Zacs® Cool Memberikan Pilihan Atap Metal Sejuk di Iklim Tropis

 

Atap Baja Ringan BlueScope Zacs

Atap Baja Ringan BlueScope Zacs® Cool – Merah Carita

Baja ringan BlueScope Zacs® Cool sebagai material atap dapat memberikan kesejukan karena memiliki keunggulan lebih dingin hingga 6o C meski saat cuaca sedang sangat terik sekalipun.

 

Selain itu, baja ringan BlueScope Zacs® Cool juga memiliki berbagai pilihan warna-warna natural  seperti coklat jati, merah carita, biru bromo, dan hijau borneo. Teknologi cool pada atap baja ringan BlueScope Zacs® Cool dapat membuat permukaan atap lebih dingin dibandingkan dengan atap metal biasa.

 

Itulah beberapa macam-macam peredam panas untuk hunian lebih sejuk dan nyaman. Bagaimana? Sobat Builders tertarik mencoba salah satu nya? Atau tertarik menggunakan atap dengan material baja ringan? Pastikan gunakan baja ringan dengan kualitas terbaik dan sudah bersertifikat Standar Nasional Indoensia (SNI) seperti baja ringan BlueScope Zacs® ya!

Tag:

Hunian anti pengap 

Atap natural



User Profile Picture