SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Tiara
Terakhir diperbaharui: 03 Mar 2024
Share:
  • Klik untuk salin

Perbandingan Atap Miring dengan Atap Datar, Beda Fungsi Nya?

Dunia arsitektur kini semakin maju, hal ini membuat bentuk bangunan makin bervariasi, terutama salah satu yang menonjol adalah variasi bentuk atap rumah. Kalau dahulu, di Indonesia kebanyakan rumah memakai atap berbentuk miring. Namun, beberapa tahun belakangan ini atap datar semakin populer terutama pada rumah-rumah modern dan minimalis.

 

Atap Miring vs Atap Datar

Atap datar vs atap miring

 

Perbedaan bentuk atap ini dapat memberikan perubahan signifikan terhadap tampilan rumah dan bentuk bangunan secara keseluruhan. Bentuk atap juga bisa mendukung konsep rumah sesuai keinginan pemiliknya.

Lantas, apa perbedaan bentuk atap datar dan atap miring?

 

Atap Datar

Terkesan lebih modern, bentuk atap datar kini banyak digunakan pada konsep-konsep bangunan yang modern. Biasanya atap datar terbuat dengan material dak beton atau beton berulang. Salah satu keuntungan dari atap ini adalah tidak memerlukan material atap yang cukup banyak karena sudut kemiringannya kurang dari 10 derajat.

 

Atap Miring

Bentuk atap miring sangat umum digunakan di daerah beriklim tropis seperti Indonesia karena atap miring memiliki fungsi sebagai penahan dan dapat mengurangi hawa panas masuk ke dalam ruangan. Sehingga membuat suhu di dalam ruangan jadi tetap sejuk.

 

Perbandingan Atap Datar dan Atap Miring

 

  1. Sudut kemiringan atap datar dan atap miring

Perbedaan yang paling menonjol dari kedua atap ini adalah sudut kemiringannya. Atap miring biasanya memiliki sudut kemiringan 30o-40o tergantung material dan ketinggiannya. Sedangkan atap datar memiliki kemiringan kurang dari 10o.

 

  1. Kemampuan mengalirkan air dan kotoran

Atap miring memiliki kemampuan lebih unggul untuk mengalirkan air dan kotoran dibanding bentuk atap datar. Risiko penumpukan air dan kotoran cukup tinggi pada bentuk atap datar karena kemiringannya cenderung landai yang membuat aliran air dan kotoran akan lebih lambat.

 

  1. Pengerjaan atap datar vs atap miring

Berdasarkan material, pengerjaan atap datar lebih unggul karena tidak memerlukan material yang banyak dan akan menghemat budget. Sementara atap miring membutuhkan lebih banyak material bangunan mulai dari rangka, insulasi, hingga genteng.

 

Namun, untuk waktu pengerjaan atap miring lebih unggul karena hanya perlu memerhatikan dan mengukur kemiringan atap ideal dan tidak serta trick khusus seperti pengerjaan atap datar. Pengerjaan atap datar harus lebih hati-hati dan cermat. Ini karena jika asal membangunnya, risiko bocor sangat tinggi dan akan kesulitan mendeteksinya.

 

  1. Fungsi tambahan atap

Salah satu keunggulan fungsi atap datar adalah bisa dimanfaatkan sebagai ruang tambahan seperti rooftop, taman, area service hingga tempat penyimpanan tangki air. Atap datar cocok untuk hunian minimalis yang memiliki keterbatasan lahan

 

  1. Ketahanan atap

Atap dengan bentuk miring cenderung lebih kuat dan tahan terhadap berbagai cuaca. Bentuk atap miring juga efektif untuk mengalirkan hawa panas karena tidak semua sisinya terpapar matahari di waktu yang sama. Berbeda dengan atap datar yang seluruh bagiannya akan terpapar cahaya matahari sepanjang hari sehingga ruangan dibawahnya cenderung lebih panas.

 

Lebih Unggul Atap Datar atau Atap Miring?

 Atap Miring

Atap Miring

 

Jika dilihat dari segi fungsi, bentuk atap miring lebih unggul dan cocok digunakan di daerah-daerah Indonesia yang memiliki iklim tropis. Atap miring lebih stabil dan kokoh untuk berbagai cuaca. Sobat Builders tidak perlu khawatir, karena kini sudah banyak bentuk serta model atap miring yang modern dan estetik.

 

Gunakan material atap baja ringan dari BlueScope Zacs®️ sebagai rangka atap dan penutup atapnya untuk hunian modern Sobat Builders agar tetap terlihat cantik. BlueScope Zacs®️ menghadirkan berbagai pilihan warna atap yang trendi dan memiliki tekstur menyerupai kulit jeruk sehingga membuat bangunan terkesan natural. Atap baja ringan  BlueScope Zacs®️ berbentuk fleksibel yang menjadikannya mudah dibentuk sesuai keinginan dan konsep bangunan.

 

Namun jika tetap tertarik menggunakan atap datar, Sobat Builders bisa menambah kekuatan atap datar dengan disertakan beberapa material baja ringan untuk rangka atap nya.

 

Cara Cepat Hitung Kebutuhan Baja Ringan untuk Atap

 

Baik bentuk atap datar maupun bentuk atap miring, diperlukan estimasi perhitungan biaya dan kebutuhan material agar tidak melebihi budget yang dimiliki. Sobat Builders bisa menghitung kebutuhan material baja ringan dengan cepat dan mudah menggunakan kalkulator BlueScope Zacs®️.

 

Itulah perbandingan bentuk atap datar dan bentuk atap miring. Keduanya memiliki bentuk yang berbeda namun masing-masing memiliki fungsi yang sama yaitu melindungi rumah dari terpaan berbagai cuaca. Gunakan material baja ringan BlueScope Zacs®️ yang fleksibel dan mudah dibentuk sesuai atap rumah impian Sobat Builders.

 

Tag:

Inspirasi bentuk atap 

Estimasi biaya renovasi atap 

 



User Profile Picture