SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Tiara
Terakhir diperbaharui: 03 Mar 2024
Share:
  • Klik untuk salin

Inspirasi Atap Rumah Adat dengan Baja Ringan untuk Hunian Modern

Atap dengan bentuk seperti rumah adat identik dengan hunian tradisional. Namun siapa sangka, kini atap berbentuk rumah adat sudah bisa diaplikasikan untuk hunian modern seperti atap berbentuk limasan atau yang biasa disebut atap rumah joglo.

Atap Limas Modern

Atap Joglo

Sumber: rwhome.web.id

Untuk membuat atap berbentuk rumah adat pada hunian modern tentunya juga harus menggunakan material yang modern dan sedang populer di bidang konstruksi. Ini karena banyak atap tradisional yang masih menggunakan material seperti kayu yang relatif mahal dan bobotnya yang cukup berat.

 

Keunggulan Bentuk Atap Rumah Joglo/Limas

 

Atap rumah joglo merupakan atap berbentuk limas, atap bentuk ini kini banyak digemari karena bisa diaplikasikan untuk hunian dengan konsep perpaduan tradisional modern. Selain itu, atap joglo juga memiliki keunggulan lain diantaranya:

 

  1. Berbentuk unik dan menarik

Mengenyampingkan sisi tradisionalnya, bentuk atap joglo/atau limas ini sangat unik dan menarik. Jika atap bentuk joglo limas ini dibangun dengan sentuhan desain modern maka akan tercipta bangunan artistik yang modern namun tidak menghilangkan unsur tradisionalnya.

 

  1. Tidak dapat menimbulkan genangan air

Sama seperti atap tradisional pada umumnya, kemiringan atap joglo ini bisa mencapai 30 derajat. Hal ini tentu menguntungkan bagi pemilik bangunan karena bentuk atap seperti ini sangat cocok diterapkan di Indonesia yang memiliki iklim tropis dan tingginya curah hujan. Dengan kemiringan tersebut, saat terjadi hujan air akan menuruni atap dan langsung tersalurkan ke talang sehingga tidak menimbulkan genangan air.

 

  1. Struktur desainnya dapat menahan angin

Atap joglo/limas dapat bertahan dengan baik saat diterpa angin kencang. Ini karena tidak ada bagian atap yang menangkap laju angin, serta karena bentuk atapnya yang memiliki sudut kemiringan kurang lebih 35 derajat.

 

  1. Memiliki bentuk yang fleksibel

Model atap limas sangat fleksibel karena bentuk ini dapat dengan mudah divariasikan maupun ditambahkan bentuk-bentuk lain agar tampilannya lebih dinamis dan modern.

 

Baja Ringan untuk Hunian Tradisional Modern yang Berkualitas

Atap Joglo Baja Ringan

Atap joglo baja ringan

Sumber: kibrispdr.org

Mengingat material atap tradisional kebanyakan adalah terbuat dari kayu yang harganya relatif mahal untuk kayu yang berkualitas, baja ringan bisa menjadi solusi atap rumah tradisional modern seperti bentuk atap joglo.

Tanpa menghilangkan unsur seni dan budayanya, kini atap berbentuk joglo bisa dengan mudah diciptakan dengan material baja ringan sebagai rangka atap maupun penutup atap. Ini karena harganya yang relative terjangkau untuk penggunaan jangka panjang, kokoh, ringan, dan mudah ditemukan di pasaran, atap joglo bisa dibuat seperti bentuk limasan agar terlihat modern.

 

Tips Membangun Atap dengan Baja Ringan

 

Selain memilih tukang yang berpengalaman di bidangnya, pemilihan material baja ringan yang berkualitas sangat diperlukan untuk membangun hunian yang aman dan nyaman. Seperti material baja ringan dari BlueScope Zacs®️ yang memiliki beberapa keunggulan diantaranya:

 

  1. Memiliki garansi resmi

Baja ringan BlueScope Zacs®️ menjamin pengguna nya dengan menyediakan garansi resmi hingga 10 tahun ketahanan karat dan 5 tahun ketahanan warna.

 

  1. Anti karat dan anti rayap

Baja ringan BlueScope Zacs®️ sudah dilapisi dengan lapisan AZ 100 dan sudah melakukan uji ketahanan karat yang hasilnya terbukti baja ringan BlueScope Zacs®️ lebih tahan karat dibanding baja ringan merk lain.

 

  1. Memiliki berbagai varian warna

Berbagai pilihan warna atap yang dihadirkan BlueScope Zacs®️ mampu mendukung konsep hunian Sobat Builders. Misalnya untuk konsep atap joglo modern, Sobat Builders bisa menggunakan model baja ringan BlueScope Zacs®️ Natural Coklat Amara agar mirip dengan atap joglo asli yang tradisional namun tetap terlihat modern.

 

Itulah beberapa ulasan seputar bentuk atap adat yang modern. Bagaimana? Sobat Builders tertarik menciptakan atap dengan konsep tradisional modern seperti bentuk atap joglo limasan? Jangan lupa untuk menggunakan material baja ringan BlueScope Zacs®️ untuk rangka atap dan penutup atap nya ya!

Tagging:

Atap limas

Atap modern 



User Profile Picture